Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2021/2022

Mengacu kepada Kalender Pendidikan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dan Surat Edaran Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Lumajang Tanggal 24 November 2021 Perihal Edaran Kegiatan Akhir Semester Ganjil,  mulai hari ini, Senin (29/11/21) hingga tanggal 7 Desember 2021, MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang resmi melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran : 2021/2022.

Baca Juga :

REORIENTASI GURU DALAM PANDANGAN AL-GHAZALI (REFLEKSI HARI GURU NASIONAL 2021)

PAS merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di akhir semester dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti rangkaian proses pembelajaran selama satu semester sejak pertengahan Juli yang lalu. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester yang telah ditetapkan. Hasil PAS ini dijadikan dasar analisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini digunakan sebagai bahan pengisian raport digital yang sudah disediakan oleh Kementerian Agama. 

PAS di hari pertama berjalan dengan lancar dan kondusif. Para peserta didik pun tampak antusias dan terlihat serius pun  mengerjakan soal-soal ujian diujikan yang mulai saat ini mulai dicoba dengan menggunakan soal-soal yang sudah berbasis literasi numerasi. Penggunaan soal ujian berbasis literasi numerasi ini dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan kompetensi dan keterampilan para peserta didik dalam berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

“Soal PAS kali berbeda dengan soal-soal sebelumnya. Kita mulai mencoba memberikan soal-soal yang berbasis literasi numerasi walaupun tidak semuanya” ucap Amang Philips Dayeng Pasewang, S.Sos selaku Waka. Kurikulum MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd. yang ikut memantau pelaksanaan PAT berpesan agar para siswa terus semangat belajar walaupun tidak menghadapi ujian. “Teruslah belajar untuk menjadi manusia yang berprestasi. Belajar jangan hanya karena menghadapi ujian. Yang terpenting dari belajar adalah terjadinya sebuah perubahan menjadi lebih baik. Khususnya akhlak dan adab.” ujarnya

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana PAS Husen, S.Pd.I mengatakan di hari pertama ini ada beberapa peserta didik yang tidak bisa mengikuti PAS ganjil ini dikarenakan sedang sakit. Walaupun demikian, siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan PAS sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, akan diberi waktu ujian susulan yang akan dilaksanakan pasca PAS selesai, yaitu tanggal 8-10 Desember 2021.

One Reply to “Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2021/2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published.