Pengawas Madrasah Monitoring TIK MTs. MU 2 BAKID Hadapi AKM 2021

Pengawas Tingkat Menengah Pada Madrasah Tsanawiyah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Drs Achmad Junaedi, M.M melakukan kunjungan ke MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Selasa (08/06/21).

Kunjungan pengawas dan pembina senior yang tanpa diduga sebelumnya tersebut disambut langsung oleh kepala madrasah Sahroni, S.Pd.I., Waka. Kurikulum, Amang Philip Dayeng Pasewang, S.Sos dan operator Simpatika, Abdur Rozak, S.Sos di kantor madrasah Jam 10.30 WIB.

Dalam arahannya salah satu anggota tim asesor BAN S/M Provinsi Jawa Timur tersebut meminta kepada pimpinan madrasah agar mulai tahun ajaran baru 2021/2022 segera mempersiapkan pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetisi Minimum) yang akan dilaksanakan pada bulan September/Oktober 202 mendatang, baik dari aspek sarpas maupun bimbingan kepada siswa-siswi kelas 8 yang akan mengikuti AKM perdana tahun 2021 ini.

“Setelah Penilaian Akhir Tahun (PAT), usahakan liburan semester genap ini digunakan untuk melatih siswa-siswi kelas 8 secara intensif untuk mengerjakan soal-soal yang sudah berbasis literasi numerasi”. Ujarnya

Pria yang akrab dipanggil Abah Junaidi tersebut juga meminta kepada guru-guru yang telah mengikuti desiminasi kemarin untuk menularkan ilmunya kepada guru-guru yang lain. Ke depan, pembelajaran tidak lagi hanya memberikan informasi saja. Siswa harus dilatih untuk berfikir, memiliki kemampuan bernalar dan menganalisa sebuah narasi dengan menggunakan bahasa (literasi) dan matematika (numerasi)

Di samping memberikan arahan terkait persiapan menghadapi AKM, pengawas juga meminta kepada kepala madrasah dan jajarannya agar mulai sekarang untuk membentuk tim akreditasi guna menyiapkan dokumen sesuai dengan standar IAISP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) Tahun 2020.

Di samping itu, pengawas juga menyampaikan jika tugas tim akreditasi madrasah ke depan lebih berat. Pasalnya akreditasi mendatang akan dilakukan dengan Luring tidak lagi daring. Karenanya dokumen yang disiapkan harus dalam bentuk soft copy dan hard copy.

“Berdasarkan peraturan terbaru, maka MTs 2 ini wajib akreditasi tahun depan (2022). Siapkan dan bentuk tim akreditasi mulai sekarang. Cicil mulai sekarang. Agar tidak terlalu berat” ujarnya

“Tugas tim sekarang lebih berat. Karena semua dokumen disamping hard copy tapi juga soft copy yang diupload di sispena”. Imbuhnya

“Hidupkan lagi FGD yang sudah berjalan selama ini. Untuk merespon dan mencari solusi problem yang dihadapi madrasah.” pungkasnya

Merespon arahan tersebut, kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid menyampaikan ucapan terima kepada bapak pengawas atas pembinaan dan bimbingannya selama ini. Pihaknya akan terus berikhtiar dan berusaha dengan segala kekuatan yang ada untuk mewujudkan harapan bapak pengawas.

“Terimakasih bapak atas bimbingan dan pembinaan jenengan selama ini. Dengan Motto dan semangat AYO BER-AKHLAK Insya Allah kami akan senantiasa berikhtiar dengan segala kemampuan yang ada untuk mewujudkan harapan-harapan bapak dari kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *