Pembukaan Porseni MTs Tingkat Jawa Timur Tahun 2021

Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Tingkat Jawa Timur Tahun 2021 hari ini, Senin (4/10/21) secara resmi dimulai. Pembukaan PORSENI yang dilaksanakan secara Tatap Maya tersebut dibuka langsung oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Dr. H. Moh. Nurul Huda, M.Pd.

Pembukaan Tatap Muka Terbatas yang disiarkan langsung secara online via youtube dan zoom meeting dilaksanakan di MTsN 1 Kota Malang dan dihadiri oleh pejabat struktural Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Kepala Kantor dan Kasie. Pendma Kementerian Kabupaten/Kota Se Jawa Timur.

Baca Juga :

PELEPASAN KONTINGEN KKMTS-2 KE PORSENI TINGKAT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2021

Dalam sambutannya Plt. Kepala Kemenag Jawa Timur memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh panitia karena dalam situasi covid 19 yang telah berupaya dan bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan PORSENI yang merupakan agenda 2 tahunan ini. Agenda Porseni seperti ini merupakan kegiatan yang dirindukan oleh semua orang. Sehingga insan madrasah bisa bersilaturahmi satu sama lain walaupun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Hari ini luar biasa. Semua rindu kegiatan seperti ini. Semua kepala Kementerian Agama tidak ada yang tidak hadir. Semoga pandemi ini akan segera mereda hingga menjadi nol di seluruh Indonesia dan Jawa Timur.”

Alumni program doktoral IAIN Tulungagung ini juga mengatakan dredeg saat memberikan sambutan dalam pembukaan PORSENI tersebut. Pasalnya undangan yang hadir dalam ruangan tersebut merupakan calon-calon Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Hal ini dapat dimaklumi karena hingga saat ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur belum definitif tetapi dijabat oleh Pelaksanaan Tugas (Plt)

“Ini merupakan reuni yang luar biasa. Karena calon-calon kakanwil semuanya ada di sini. Reuni yang jos gandos kotos-kotos.” ucapnya seraya disambut senyum lebar dan riuh tepuk tangan para hadirin dalam Aula MTsN 1 Kota Malang tersebut. “Namun siapa pun kanwilnya, yang paling penting adalah Kementerian Agama Jawa Timur tetap guyub, rukun dan harmonis.” imbuhnya

Di akhir sambutannya, Doktor bidang manajemen pendidikan menutup dengan sebuah puisi :

Mengaji kebiasaan santri
Ambil wudhu untuk sucikan diri
Hari ini kita bersilaturahmi
Dalam rangka pembukaan Porseni

“Tagline dari Porseni hari ini adalah MTs. Mandiri, MTs. Prestasi dan MTs Yes.” sarana meminta para peserta yang hadir untuk menjawab pernyataannya dengan tagline tersebut.

Rangkaian pembukaan porseni dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah, Sambuta Ketua Panitia Pelaksana dan Penampilan kreativitas dan seni dari siswa MTs.N 1 Kota Malang serta defile dan motto para kontingen Porseni Se Jawa Timur secara virtual.

Waka. Kesiswaan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Zainul Arifin, S.H yang mengikuti secara virtual kegiatan pembukaan Porseni tersebut menyampaikan bahwa peserta didiknya juga ikut berpartisipasi dalam cabang seni porseni tahun ini. “Porseni ini perdana bagi kami. Alhamdulillah kita juga ikut berpartisipasi dalam porseni khususnya di cabang seni. Karenanya tak ada target juara bagi kami. Yang penting ikut berpartisipasi. Itu saja.” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.