Pembukaan Bimtek PKB Guru MTs Wilayah KKMTs-2 Lumajang

Jumat (04/08/2023), guru-guru pengampu Mapel Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris berkumpul di MTs. Nurul Amin Rojopolo Jatiroto untuk mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MTs se-wilayah KKMTs-2. Kegiatan pembukaan MGMP ini dihadiri oleh Kasi Pendma Kemenag Lumajang H. Hasanuddin, MA. yang dalam sambutannya mengharapkan kegiatan semacam ini dapat rutin dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menjawab perubahan zaman. Selain itu, beliau juga meminta kepada setiap pengurus MGMP untuk dapat mencetak sertifikat keikutsertaan guru ini sebagai bentuk laporan kepada lembaganya masing-masing sekaligus untuk menambah dokumen kompetensi pengajar.

Ketua KKMTs-2 Gunawan, M.Pd juga menyebutkan bahwa MGMP harus dapat dimanfaatkan guru-guru madrasah tsanawiyah di wilayah KKMTs-2 dengan aktif mengikutinya. MGMP di tahun ini akan berbasis per wilayah, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang per kabupaten, tetapi tidak menutup kemungkinan ada MGMP di tingkat kabupaten. Hal ini dilakukan guna membantu guru-guru dapat mengakses jarak tempuh antara lokasi kegiatan dengan letak lembaga asal.

Adapun pengawas yang hadir, diantaranya Abdul Hannan, S.Pd.I., Abdullah Faqih, M.Pd., dan Ruli Widayadi, S.Ag., MA. Ketiganya turut memberikan sambutan-sambutan yang pada intinya memberikan motivasi kepada para guru betapa MGMP ini sangat banyak manfaat yang akan didapat untuk pengembangan diri seorang guru, terlebih saat ini ada perubahan pola pembelajaran yang mewajibkan setiap guru memiliki kecakapan berpikir komputasi.

Selain seremonial pembukaan, kegiatan ini diisi materi tentang moderasi beragama yang dibawakan oleh Ruli Widayadi, S.Ag., MA. Adapun dari MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid diwakilkan oleh Zainal, M.Pd dari Mapel Matematika, Danang Satrio P, S.Psi dari Mapel IPA mewakili Amang Philip Dayeng P, S.Sos., Aris Purnomo, S.Pd dari Mapel Bahasa Indonesia, dan Muhammad Rouf, S.Pd dari Mapel Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *