Pembinaan dan Supervisi Administrasi Pembelajaran oleh Pengawas Madrasah

Selasa (16/03/21) Pengawas Madrasah Tingkat Tsanawiyah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Drs. Achmad Junaedi, M.M. melakukan pembinaan dan supervisi administrasi pembelajaran di MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar. Dengan adanya peningkatan kemampuan guru-guru, diharapkan juga akan meningkatkan kualitas dan hasil belajar murid menjadi lebih baik, lebih berkualitas dan lebih bermakna.

Bertempat di salah satu ruang kelas, pembinaan dan supervisi administrasi pembelajaran diikuti oleh semua dewan guru MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Kegiatan pembinaan dan supervisi yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kepala madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd.

Dalam sambutannya, kepala madrasah pertama ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak pengawas yang telah berkenan hadir di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid dalam rangka melakukan pembinaan dan supervisi administrasi pembelajaran bagi guru-gurunya.

Menurutnya kegiatan supervisi tersebut sangat penting bagi semua dewan guru sebagai dari usaha pembinaan dan evaluasi serta dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugas pokoknya. Pihaknya mengharap para guru tidak usah merasa khawatir apalagi merasa takut karena disupervisi.

Di samping itu, kepala madrasah juga melaporkan beberapa kegiatan madrasah khususnya prestasi di bidang kesiswaan di tahun 2021 saat ini.

“Alhamdulillah di tahun 2021 ini, siswa MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid telah berhasil menorehkan prestasi di tingkat Jawa Timur dan tingkat Nasional. Yaitu Juara 2 Olimpiade PAI yang diselenggarakan oleh SMA Khadijah Surabaya dan Juara 2 Syarhil Qur’an tingkat Nasional yang digelar secara virtual oleh SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu.”

Sementara itu, Pengawas Madrasah Drs. Achmad Junaedi, M.M setelah melakukan supervisi administrasi pembelajaran memberikan evaluasi dan pembinaan terkait Buku Kerja Guru 1-4. Pengawas seniot ini berharap kekurangan-kekurangan buku kerja guru sudah rampung dalam satu bulan ke depan.

Dalam paparannya, salah satu anggota tim asesor BAN S/M Jawa Timur ini juga meminta kepada seluruh civitas akademika MTs. Miftahul Ulum 2 untuk mempersiapkan seluruh dokumen administrasi pendidikan sesuai dengan IASP Tahun 2020 yang terdiri dari empat komponen : Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru dan Manajemen Sekolah/Madrasah yang semuanya berjumlah 32 poit. Menurutnya MTs. Miftahul Ulum 2 akan masuk sasaran akreditasi tahun depan yaitu 2022.

“MTs. MU 2 akan masuk sasaran akreditasi tahun 2022. Oleh karena itu, saya berharap kepada jenengan semua selaku pejuang madrasah untuk mempersiapkan diri mulai sekarang.” tuturnya

“Semua dokumen harus discan dijadikan file PDF dan diupload di website madrasah. Akreditasi di masa mendatang semuanya sudah berbasis digital. Asesor akan mengecek kelengkapan dokumen berdasarkan file yang diunggah secara online.” imbuhnya

Di akhir kegiatan kepala madrasah menyampaikan kepada bapak pengawas bahwa seluruh civitas akademika MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid akan senantiasa dan terus berikhtiar mewujudkan harapan dan bimbingan serta arahan dari bapak pengawas melalui kegiatan FGD guru yang dilaksanakan setiap bulan.

“Dengan semangat kolaboratif, kita akan berusaha mengikuti arahan dan bimbingan serta mewujudkan harapan bapak pengawas.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *