Pelatihan Teknis Anugerah Inovasi Madrasah Digital Tahun 2022

Kepala madrasah, operator dan bendahara MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul mengikuti pelatihan teknis Anugerah Inovasi Madrasah Digital Jawa Timur Tahun 2022 di MTs.N 1 Lumajang, Senin (22/08/22). Kegiatan ditempatkan di aula lantai 2 tersebut merupakan tindaklanjut Program Anugerah Inovasi Madrasah Digital Jawa Timur tahun 2022 yang telah dimulai dengan Webinar Madrasah Digital Kabupaten Lumajang pada tanggal 9 Agustus beberapa minggu yang lalu

Kegiatan yang dimulai pada pukul 12.30 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kasie. Pendma Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Hasanudin, S.Ag., M.Pd.I didampingi oleh beberapa stafnya. Dalam sambutannya mengajak para pimpinan madrasah untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan pengembangan madrasah sesuai dengan perkembangan zaman sekarang yang serba digital. Mengelola madrasah bukan lagi semau gue. Tapi harus saling bersinergi dan berkolaborasi mengikuti perkembangan teknologi informasi dan dapat mewujudkan harapan masyarakat.

“Program madrasah digital ini bukan berarti akan merubah nilai-nilai kearifan lokal Pesantren. Digitalisasi madrasah dalam rangka memberikan kemudahan dan keakuratan data layanan madrasah kepada wali murid dan seluruh stakeholder madrasah.” jelas mantan Kepala MAN Lumajang ini. “Dengan digitalisasi madrasah, maka madrasah akan menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Layanan lebih prima dalam layanan dan data-data juga lebih valid.” pungkasnya

Usai pembukaan secara resmi, para peserta dibagi menjadi dua ruangan yang berbeda. Kepala ditempatkan di laboratorium IPA lantai dasar. Sementara untuk operator dan bendahara tetap dilaksanakan di aula lantai 2 MTs.N 1 Lumajang.

Pelaksanaan pelatihan teknis langsung dipandu oleh narasumber dari Jaringan IDN. Para peserta pun tampak antusias mengikuti pelatihan karena juga diselingi dengan kuis dan pertanyaan berhadiah. Dalam kesempatan tersebut kepala MTs. Miftahul Ulum 2 mendapatkan hadiah sebuah pulpen yang berlogo IDN Nusantara karena telah berhasil menjawab kuis yang diberikan oleh narasumber.

Abdul Rozaq, Sos selaku operator menyampaikan kesiapannya untuk mengikuti Anugerah Inovasi Madrasah Digital Jawa Timur tahun 2022 ini. “Insya Allah MTs. Miftahul Ulum 2 siap berpartisipasi dalam event bergengsi ini.” ucap Rozaq. Hal senada juga disampaikan oleh Kawakib selaku bendahara bahwa kepala madrasah sangat mendorong untuk mengikuti kegiatan ini. Baginya hal ini sebuah tantangan bagi madrasah agar bisa lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.