Musik Di Persimpangan (Memperingati Hari Musik Sedunia)

oleh : Zainul Arifin, S.H *)

Pandemi Covid-19 selain mengancam kesehatan fisik nyatanya juga menambah beban mental manusia. Semisal aturan social distancing, manusia dengan naluri makhluk sosial tentu akan terbebani peraturan tersebut, terlebih pandemi yang sudah berjalan selama 2 tahun ini membuat banyak orang rindu untuk berkumpul seperti sedia kala.

Stress dan beban mental yang dirasakan selama pandemi dapat dikurangi, salah satunya yaitu dengan musik. Beragam jenis musik dapat dinikmati untuk mengurangi tingkat stress. Di hari musik sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Maret diharapkan manusia dapat melakukan terapi mental secara mandiri dengan menggunakan musik sebagai medianya.

Baca Juga

FESBAN VIRTUAL SMP/MTS SE-KAB. LUMAJANG 2021, MIFTAHUNA JUARA III

Menurut sebuah studi psikologi, musik mampu merubah emosi individu. Ketika emosi dapat dikontrol, hal-hal buruk mampu diminimalisir. Selain itu, musik dapat meningkatkan produktivitas kerja & membuat fokus belajar, serta membantu individu yang sedang berjuang menyelesaikan masalah mental.

Group Shalawat Al-Banjari Miftahuna MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Miftahuna, sebuah grup musik beraliran Al-Banjari dibentuk untuk menumbuhkan rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW melalui shalawat yang bingkai dalam seni hadrah. MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid membentuk grup ini selain sebagai bagian dari ektrakurikuler juga merupakan bagian dari menjaga tradisi dan budaya nusantara sesuai dengan prinsip Al-Muhafadzah Alal Qadim As-Shalih wal Akhdzu bil Jadid Al-Ashlah (Melestarikan nilai-nilai lama yang baik dan menerapkan nilai-nilai baru yang lebih baik).

Shalawat diiringi ketukan nada dan irama diharapkan mampu memberikan resonansi positif kepada setiap pelantun dan pendengarnya. Resonansi positif yang dimaksud yaitu menumbuhkan kecintaan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, memaknai setiap syair untuk direfleksikan ke setiap perilaku, menenangkan jiwa dan pikiran agar senantiasa positif serta produktif dalam menjalani beragam aktivitas.

*) Waka. Kesiswaan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

One Reply to “Musik Di Persimpangan (Memperingati Hari Musik Sedunia)”

Leave a Reply

Your email address will not be published.