MTs. Miftahul Ulum 2 Launching Lab. Multimedia M2M

Selayaknya closing class meeting untuk siswi putri yang di penghujung acara ada ceremony “launching pojok baca”, penutupan class meeting putra pun demikian tetapi manajemen madrasah me-launching laboratorium komputer. Walaupun sarananya perbeda, tujuan pengadaan sarpras tersebut masih dalam koridor untuk peningkatan kompetensi warga madrasah.

Launching yang disaksikan oleh seluruh anggota OSIM Putra dan perwakilan struktural kelas, dewan wakil kepala, wali kelas, guru-staf, dan panitia class meeting terselenggara di lantai 3 Gedung Terpadu, satu area dengan kelas sehingga dapat memudahkan siswa untuk dapat mengaksesnya.

Lab. Multimedia (M2M)

Mewakili kepala madrasah, Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H memotong pita sebagai simbolisasi dibukanya laboratorium tersebut untuk kepentingan warga madrasah. Ia yang juga menjabat di bidang pendidikan Yayasan PP. Miftahul Ulum Bakid menegaskan bahwa pintu laboratorium komputer akan terbuka bagi siapa saja, baik itu kalangan tenaga kependidikan maupun siswa. Laboratorium ini adalah wadah bersama untuk belajar sekaligus berkreasi.

Baca Juga

TINGKATKAN BUDAYA LITERASI, KEPALA MADRASAH LAUNCHING POJOK BACA KELAS

Hadirnya sarana laboratorium komputer MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid adalah penyelarasan dengan kebutuhan dalam proses pendidikan, yaitu agar teknologi ini dapat memberikan dampak yang positif dalam proses pendidikan dan mendapatkan hasil yang baik serta mampu memberikan kontribusi di kancah pendidikan modern.

Dalam satu kesempatan saat Focus Groups Discussion (FGD) Edisi November silam, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.i, M.Pd menyampaikan bahwa pemanfaatan alat elektronik dan teknologi informasi menjadi satu hal yang perlu dikembangkan di madrasah yang baru saja mendapatkan akreditasi unggul ini. Hal itu merupakan poin pokok penting, bagaimana teknologi informasi yang hadir di dalam dunia akademik menjadikan nilai tambah dalam hal proses dan hasil pendidikan.

Kepala yang mendapatkan nilai tertinggi di PKKM Kab. Lumajang Tahun 2022 meyakini bahwa inovasi merupakan salah satu solusi untuk menjadikan pendidikan yang merupakan sebuah kebutuhan agar mudah diakses oleh peserta didik tenaga kependidikan serta menambah daya saing civitas madrasah.

Logo M2M

Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I juga mengungkapkan kepada awak media madrasah sesaat sebelum launching laboratorium dilangsungkan, menurutnya, di era pendidikan saat ini mengharapkan lembaga penyelenggara pendidikan dapat menyajikan materi yang efektif, terlebih dapat memberikan makna bagi peserta didik. Baik dalam prosesnya maupun dalam penyajiannya.

Guru senior yang sudah mengalami beberapa macam kurikulum ini bersyukur madrasah tempatnya mengabdi mau beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi. Baginya, sarana laboratorium komputer ini bentuk perhatian serius manajemen madrasah, salah satu hal yang juga harus diberi perhatian khusus agar pendidikan dapat mudah diterima oleh peserta didik dan hasil pendidikan pun akan maksimal.

Aris Purnomo, S.Pd selaku Waka Sarpras menilai bahwa civitas madrasah sudah layak untuk memiliki sarana laboratorium komputer mengingat website maupun media sosial madrasah sebagai wadah penghubung dengan masyarakat, pun juga dari dapat dilihat dari karya-karya warga madrasah.

Guru multitalenta ini memberitahukan bahwa secara roadmap capaian tahunan manajemen madrasah, sebenarnya segala yang dilakukan civitas madrasah ini sudah jauh-jauh hari direncanakan dan istiqomah dalam berproses agar pada saat pengadaan laboratorium ini terwujud dapat memaksimalkan tujuan pendidikan sesuai dengan visi-misi madrasah.

Terkait apa saja yang dapat dilakukan warga madrasah dengan sarana laboratorium komputer ini, Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi membeberkan program kerja bidang multimedia yang beberapa diantaranya adalah pengembangan belajar-mengajar, pengembangan ekstrakurikuler, penciptaan kewirausahaan, mendukung manajemen, dan masih banyak hal yang telah dikonsep menunggu untuk dieksekusi.

Menurutnya, yang utama dengan adanya laboratorium komputer ini melalui bidang multimedia madrasah (MTs 2 Multimedia – M2M) dapat mewujudkan transformasi digital secara bertahap di lingkungan madrasah. Walaupun kedepannya ada banyak sekali tantangan yang perlu disikapi. Manajemen madrasah telah mempersiapkan langkah-langkah strategis agar implementasi digitalisasi ini berjalan lancar dan optimal.

One Reply to “MTs. Miftahul Ulum 2 Launching Lab. Multimedia M2M”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *