MTs. Miftahul Ulum 2 Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)Tahun 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SMP/MTs yang merupakan program penilaian terhadap mutu sekolah/madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah resmi dilaksanakan hari ini, Kamis, (04/10/21). Asesmen Nasional 2021 bertujuan salah satunya untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid yang berlandaskan Pancasila. Asesmen Nasional diharapkan dapat memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal itu kemudian dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran sebagai bentuk menjawab pola perubahan jaman.

Baca Juga :

GLADI BERSIH ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2021

MTs. Miftahul Ulum 2 sendiri melaksanakan ANBK selama 2 hari, dimulai Kamis (04/10/2021) sampai dengan esok hari Jumat (05/10/21). Tim Pelaksana Madrasah dipimpin oleh Mochammad Fathur Rosi, S.H dibantu proktor Abdul Rozaq, S.Sos dan teknisi Akh.Farid, S.Kom, sedangkan pesertanya para siswa yang ditentukan oleh sistem.

Menurut edaran jadwal ANBK Gelombang 1, MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid dimulai pada pukul 07.30-09.40 dan dijeda istirahat 10.40-12.50 dengan pembagian masing-masing tiga sesi, yaitu: Latihan (10 menit), Literasi Membaca (90 menit), Survei Karakter (30 menit). Pengawas M. Sodik, S.Pd berasal dari MTs. Bustanul Ulum Banyuputih Kidul .

Sebelum pelaksanaan, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Miftahul Ulum
Drs. Mochammad Nasir, M. P.Fis turut meninjau kesiapan dan jalannya pelaksanaan ANBK hari ini. Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd yang menyambut dan mendampingi mantan Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Miftahul Ulum tersebut menyampaikan bahwa secara keseluruhan MTs. Miftahul Ulum 2 sudah siap karena sudah melalui dua tahapan ssbelumnya yaitu Simulasi dan Gladi Bersih. Kecuali ada hal-hal yang di luar teknis.

Pelaksanaan ANBK di hari pertama ini walaupun ada sedikit hambatan utamanya karena listrik padam namun secara keseluruhan kegiatan berlangsung lancar dan Tim Pelaksana sudah mengantisipasi hal-hal yang sifatnya teknis jauh-jauh hari. “Di awal pelaksanaan tadi sempat padam listriknya, jadi memutus koneksi internet. Namun kejadian seperti itu sudah kita antisipasi” terang Fathur Rosi yang tampak kelelahan mempersiapkan agar ANBK ini sukses tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.