MGMP Bahasa Inggris : Kolaborasi Susun Strategi dan Metode Pembelajaran Interkatif dan Inovatif

MGMP BAHASA INGGRIS

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris KKMTS-2 kembali mengadakan kegiatan rutin di MTs Bustanul Ulum, Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang (06/08/24). Pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah guru dari berbagai madrasah di bawah naungan KKMTS-2 ini mengusung agenda utama menyusun strategi dan metode pembelajaran yang efektif, inovatif, dan interaktif.

Ahmad Anshorullah Erik Abdul Aziz, S.Pd selaku ketua MGMP Bahasa Inggris KKMTS-2 mengatakan kegiatan hari ini bertujuan untuk merespons tantangan pembelajaran abad ke-21 yang semakin menuntut kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran. Para guru yang hadir diharapkan bisa berdiskusi, berkolaborasi dan berbagi pengalaman terkait metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam mata pelajaran khususnya Bahasa Inggris.

Salah satu peserta yang hadir, dari MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Muhammad Rouf, S.Pd memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Menurut anak dua anak ini kolaborasi antar guru sangat penting saat ini. “Dengan adanya forum seperti MGMP ini, kita bisa saling belajar dan mengembangkan metode-metode yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa saat ini,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, beberapa metode pembelajaran interaktif, seperti penggunaan teknologi dalam kelas, pembelajaran berbasis proyek, dan diskusi kelompok kecil menjadi sorotan utama. Para peserta bersepakat untuk terus mengembangkan strategi yang tidak hanya memfasilitasi pembelajaran kognitif, tetapi juga mendorong pengembangan karakter dan keterampilan komunikasi siswa.

Kegiatan ini diakhiri dengan penugasan kepada para guru untuk mengimplementasikan strategi yang telah disusun dan akan dilakukan evaluasi pada pertemuan MGMP selanjutnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di madrasah-madrasah KKMTS-2 semakin meningkat dan mampu melahirkan siswa-siswa yang kompetitif dan berdaya saing tinggi.