Meningkatkan Kualitas Santri (Memperingati Hari Santri 2021)

Oleh: Silvyani Rusyadi *)

22 oktober adalah hari yang ditunggu oleh para santri karena bertepatan pada tanggal ini adalah peringatan hari santri nasional, Presiden Indonesia Joko Widodo resmi menetapkan 22 oktober sebagai Hari Santri Nasional, tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015.

Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengucapkan selamat merayakan hari santri nasional kepada seluruh santri nusantara, dalam momen ini Menteri Nadiem memiliki tiga harapan untuk para santri:
Berharap para santri di seluruh nusantara bisa membanggakan kedua orang tuanya.
Berharap supaya para santri selalu mengingat akar budaya keindonesiaan dan tidak meninggalkan tradisi keilmuan bangsa.
Berharap agar para santri dapat bersinergi bersama untuk menyongsong kemajuan Bangsa Indonesia.

Baca juga

LIVE STREAMING PERINGATAN MAULID NABI DAN HARI SANTRI NASIONAL 2021

Sedangkan menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, peringatan Hari Santri kali ini pemerintah telah meneken Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada 2 September 2021. Terbitnya Perpres ini adalah momentum besar bagi dunia pesantren yang merupakan tempat santri menempa diri.

Perpres ini selain sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan pesantren yang diharapkan meningkatkan sumber daya manusia di kalangan santri agar dapat berfungsi sebagai transfer pengetahuan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat.

Hal-hal penting yang perlu kita perhatikan sebagai seorang santri adalah bagaimana santri dapat selalu menjaga kedaulatan NKRI dalam melindungi segenap tumpah darah tanah air dari berbagai bentuk penjajahan dan selalu memelihara kerukunan serta persatuan bangsa. Saatnya santri terlibat dalam perkembangan kemajuan Indonesia untuk menyongsong Indonesia Emas.

*) Siswi Kelas 9 MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Leave a Reply

Your email address will not be published.