Mendapatkan Catatan dan Evaluasi PKKM, Kepala Madrasah : Terimakasih Insya Allah akan Kami Tindaklanjuti

Santai sambil lesehan, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang berjalan lancar dan khidmat.

Rangkaian PKKM yang dimulai pada Jam 08.00 dan berakhir pada jam 10.30 ini dimulai dengan pembukaan, sambutan kepala madrasah dan tim penilai PKKM. Usai sambutan tim penilai, kemudian dilanjutkan dengan studi dokumen empat komponen satu sampai empat. Sementara komponen kelima yaitu Hasil Kinerja Kepala Madrasah – walaupun sebagian dokumen ada – tidak dilihat karena PKKM MTs. Miftahul Ulum 2 masih tahun perdana. Komponen kelima tersebut berlaku pada PKKM empat tahunan.

“Komponen dan instrumen kelima hanya untuk PKKM empat tahunan. MTs. MU 2 ini kan masih tahun perdana sehingga tidak perlu.” ucap Drs. Achmad Junaedi, M.M

Usai pelaksanaan studi dokumen instrumen PKKM, kedua pengawas ini memberikan catatan-catatan dan evaluasi terhadap pelaksaan PKKM tersebut.

Catatan dan masukan PKKM tersebut, secara umum semua komponen yang ditanyakan dalam instrumen PKKM harus ada program kegiatan, rencana, presensi, laporan kegiatan, dokumen dan hasil kegiatan serta evaluasi dan tindak lanjut dari temuan-temuan tersebut. Semua masukan dan catatan yang disampaikan oleh penilai telah dihimpun oleh tim PKKM madrasah untuk perbaikan dan inovasi kinerja kedepannya agar lebih baik dan sempurna

Berikut ini adalah poin-poin penting yang menjadi catatan dan evaluasi bagi MTs. Miftahul Ulum 2 oleh kedua tim penilai :

  1. Kembangkan website madrasah. Jangan hanya memuat berita-berita kegiatan rutin seperti PPDB, PTS/PAS/PAT dan lain-lain
  2. Semua dokumen madrasah hendaknya diunggah di website madrasah sesuai dengan komponen akreditasi
  3. Budayakan membaca dan menulis warga madrasah. Tulislah ide-ide baru dalam sebuah artikel ilmiah. Posting di website
  4. Akreditasi mendatang akan lebih menekankan pada proses bukan hanya studi dokumen
  5. Tenaga pendidik harus senantiasa meng-update kompetensinya. Karena siswa yang berprestasi akan lahir jika gurunya berprestasi.

Catatan dari Drs. Djatto, M.M

  1. Motto dan Gerakan Ayo Ber-Akhlak ini harus diwujudkan oleh warga madrasah jangan hanya selogan saja
  2. Kokohkan tim di internal. Pengelola dan guru harus menjadi super tim bukan superman. Berjuanglah demi Allah
  3. Madrasah harus menjadi tempat refreshing, asri dan membuat orang betah di dalamnya.

Menganggapi catatan-catatan tersebut, kepala madrasah, Sahroni,. S.Pd.I., M.Pd. menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada kedua tim penilai.

“Atas nama keluarga besar MTs. Miftahul Ulum 2 kami menghaturkan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan dan arahan dari bapak pengawas. Sungguh ini menjadi ilmu bagi kami bagaimana kita melengkah ke depan.” ucapnnya

“Insya Allah catatan-catatan tersebut akan kami tindak lanjuti bersama dengan tim PKKM dan para guru.” imbuhnya

Kegiatan PKKM berakhir pada jam 10.30 dengan ditutup dengan doa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *