MATSAMA TP. 2023-2024 Hari Ke-6: Bijak Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Merespon saran dari Kaprodi HKI STAIMU Lumajang Ahmadi, M.Pd.I pada materi di hari keempat MATSAMA, panitia di hari keenam mengundang Pimpinan Redaksi Media Online MUBAKID M. Kholili, S.Pd agar dapat memberikan materi tentang pemanfaatan teknologi informasi.

Muhammad Ruski, S.H yang menyempatkan menemui pewarta madrasah mengatakan bahwa selain atas saran Ustadz Ahmadi, pembekalan ini dimaksudkan untuk mengenalkan laboratorium komputer dan ekstrakurikuler yang memiliki keterkaitan dengan laboratorium tersebut. Juga, branding madrasah literasi yang tersemat pada MTs. Miftahul Ulum 2 tahun belakangan ini dapat eksis jika setiap warga madrasah utamanya siswa konsisten berkontribusi membudayakan literasi.

Kiranya pimpinan redaksi media online dari kalangan santri ini dapat memotivasi peserta didik baru untuk mau belajar memanfaatkan teknologi agar dapat memberikan dan selektif menyaring informasi sehingga dapat menambah pengetahuan selama dalam proses pembelajaran. Ustadz Kholili turut pula memberi kesempatan pada Anggota OSIM dan anggota ekskul literasi madrasah untuk mempresentasikan kemampuan sesuai materi.

Bahkan di kesempatan ini beliau menyebut jika MUBAKID yang dipimpinnya banyak terinspirasi pada Tim Redaksi MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid terutama dalam hal produksi berita maupun kekayaan ide tulisan, “Beruntunglah kalian menimba ilmu di madrasah ini, karena disini gudangnya orang-orang kreatif dan cerdik. Kami di MUBAKID banyak terinspirasi pada media informasi madrasah (website), bisa-bisanya guru-guru ini memiliki banyak sekali ide tulisan sampai mampu menerbitkan buku”.

D penghujung materi, Ustadz Kholili meminta izin pada waka kesiswaan sekaligus Ketua Panitia MATSAMA Zainul Arifin, S.H untuk sharing ilmu terkait penguatan dan pengembangan literasi pesantren terutama agar siswa yang juga santri ini dapat menjadi agen-agen pembaharu untuk mengcounter informasi-informasi bersifat negatif yang marak memenuhi ruang-ruang dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *