MATSAMA Hari Ke-4 : Fokus Penggalian Potensi, Bakat dan Minat

Kamis (07/07/22) adalah hari ke-empat Masa ta’aruf siswa baru di MTs. Miftahul Ulum 2. Jika hari sebelumnya di isi oleh narasumber, maka hari keempat sedikit berbeda karena murni diisi oleh panitia sepenuhnya. “Hari keempat ini kita fokuskan pada penggalian bakat siswa dan pengenalan ekstrakurikuler saja. Supaya selanjutnya lebih mudah untuk mengembangkan bakat mereka”. Ujar Zainul Arifin memberi instruksi selaku ketua panitia.

Sebelum menggali bakat siswa baru, Abdul Halim dan Abdul Wafi S.H memberikan pengenalan kepada para siswa tentang ekstrakurikuler yang terdapat di MTs. Miftahul Ulum 2

“Alhamdulillah, sedari awal MTs. Miftahul Ulum selalu konsisten memfasilitasi semua siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Untuk kalian yang condong pada bidang vocal nanti ada Ustadz Wafi yang akan memberikan bimbingan di ekstrakurikuler paduan suara. Jika kalian lebih suka khitobah atau pidato, bisa merujuk kepada Ustadz Mahrus selaku pembina ekstrakurikuler pidato. Apabila kalian senang dengan bahasa inggris maka ada Ustadz Zainul yang akan memberikan bimbingan penuh. Dan apabila ada di antara kalian yang ingin fokus kepada pembelajaran kitab kuning dan literasi maka akan sayasiap menemani kesulitan kalian dalam belajar dan memahami kitab kuning”. Kata Abdul Halim memberikan sedikit pengenalan.

Sebagaimana misi madrasah, Kepala Madrasah beserta seluruh guru di MTs. Miftahul Ulum 2 memang berusaha semaksimal mungkin untuk menggali kompetensi siswa di bakatnya masing-masing. Yang juga telah didukung oleh adanya kurikulum merdeka yang  memberikan kebebasan membentuk kurikulum berdasarkan kompetensi dan fokus kepada keterampilan lunak (soft skill) dan pengembangan karakter.

Dalam sesi penggalian bakat, terdapat beberapa siswa yang memiliki keunggulan dalam bidang vocal, hafalan al-Quran, membaca kitab kuning dengan metode al-Miftah dls. Bahkan Abdul Wafi mengatakan sudah ada sepuluh orang lebih siswa-siswi baru yang telah berani untuk maju menampilkan bakatnya di hadapan panitia, kakak OSIM dan ratusan siswa-siswi. Bahkan Kakak-kakak OSIM juga tidak kalah semangat untuk menunjukkan kemampuannya. “Supaya adik-adik yang baru tahu bahwa kita akan dibimbing dengan baik selama di Madrasah ini”. Ucap Khoirun Nisa’, salah satu anggota OSIM yang memiliki kompetensi dalam bidang vocal.

Di akhir acara hari ke-empat ini panitia berhasil mengantongi nama-nama siswa dan siswi sesuai dengan bakatnya masing-masing. “Semua ini kami lakukan supaya bisa lebih mudah memetakan fokus mereka selanjutnya. Sehingga setelah lulus dari Madrasah mereka bisa memiliki suatu keunggulan dan prestasi”. Kata Mahrus Sholeh S.H penuh harap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.