Materi Pembekalan Hari Kedua MATSAMA Putri: Sosialisasi Karya Tulis Ilmiah oleh LPM STIS Miftahul Ulum Lumajang

MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) hari kedua untuk siswi MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid diisi dengan sosialisasi karya tulis ilmiah. Pemateri berasal dari dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang, Zainal, M.Pd yang juga menyumbangkan ilmunya dengan menjadi Pembina Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Rejama (KIR) di madrasah ini.

Pria yang menjabat sebagai Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STIS Miftahul Ulum Lumajang ini memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan karya ilmiah dari mulai observasi lapangan hingga menemukan permasalahan. Selain siswa baru, semua anggota OSIM dan anggota kelompok ekstrakurikuler KIR hadir di aula putri lantai 2. Tampak juga pendamping ekskul literasi Abdul Halim dan pendamping OSIM Danang Satrio P, S.Psi.

Saat ditanya Tim Redaksi Madrasah dosen yang terkenal ramah ini menyampaikan, “mereka ini siswa baru yang belum waktunya untuk menulis karya ilmiah. Namun, pengenalan perlu kita lakukan terlebih di sesi kedua nanti ada pelatihan menulis jurnalistik dari publis.id. Jadi saya sekarang memberikan pembekalan hanya di tahap observasi lapangan dan menemukan permasalahan untuk dibuat kerangka berpikir”.

Dalam kesempatan ini Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd mengharapkan agar Ustadz Zainal (sapaan akrab Zainal, M.Pd) mendampingi siswa-siswi dan guru pendampingnya yang tahun ini MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid kembali mengikuti MYRES 2022 dengan mengirimkan kurang-lebih 10 proposal penelitian, jumlah tersebut dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Saya siap 24 jam, ustadz. Semoga tahun ini selain berhasil melewati babak penyisihan juga dapat masuk final”, jawabnya sambil mendoakan keberhasilan Tim MYRES tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.