Matematika dan Qurdis : Hari Ketiga PAT 2022

Rabu (8/6/2022), memasuki hari ke-3 Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2021-2022 mengujikan Mapel Matematika dan Mapel Al-Qur’an Hadits sesuai jadwal yang telah diedarkan panitia.

Wiwin Sugianto, S.Pd yang ditugaskan menjadi salah satu pengawas menyampaikan bahwa ujian hari ke-3 di jam pertama ini siswa terlihat datang lebih awal. “Umumnya ada saja siswa yang terlambat di jam pertama, akan tetapi hari ini mereka sudah memenuhi kelas sebelum ujian dimulai. Saya merasa karena Mapel Matematika ada di jam pertama, jadi mereka butuh waktu menjawab soal lebih banyak dari mapel lainnya” seloroh Wiwin saat disinggung Tim Redaksi Madrasah.

Ela seorang siswi mengungkapkan materi soal Matematika lebih seperti soal Ujian Bahasa Indonesia di jadwal sebelumnya. “Soal Matematika hampir mirip soal Bahasa Indonesia kemarin, soalnya panjang dan berbentuk cerita. Jika tidak fokus membaca dengan teliti pasti salah dalam menjawab” keluh Ketua OSIM Putri saat ditemui di jeda istirahat.

Seperti yang diketahui bahwa materi soal ujian mixing antara level HOTS, MOTS, dan LOTS berbasis literasi-numerasi. Hal itu yang membuat siswa merasa kesulitan terutama di Mapel Bahasa Indonesia maupun Matematika yang sampai saat ini telah diujikan.

Pengawas lain Zainuddin, M.Pd memberikan komentar kepada Tim Redaksi terkait kedisiplinan siswa sejauh ini, menurutnya ketepatan waktu atau kesiapan siswa saat datang ke kelas terlihat ada saja yang terlambat, namun ketika jam mapel yang menjadi momok seperti matematika dan beberapa mapel lainnya. “Anak-anak ini tebang pilih untuk masuk kelas tepat waktu tergantung mapel apa yang diujikan, buktinya masih saja ada yang terlambat. Khusus jadwal ujian mapel yang menurut mereka sulit dapat dipastikan mereka tepat waktu dan memaksimalkan alokasi waktu yang diberikan panitia ujian” terang Pria yang juga sebagai Pendamping Madrasah di Kanwil Kemenag Jember ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.