Masuki Akhir Tahun 2021, MTs. Miftahul Ulum 2 Gelar Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rapat Kerja Madrasah Tahun 2022

Libur akhir semester Ganjil menjelang tahun baru 2022 tidak disia-siakan oleh Civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul. Tepat hari Jum;at (24/12/21), TIm Penjamin Mutu Madrasah menggelar Rapat Penyusunan Evaluadi Diri Madrasah (EDM) di Saujana Caffe Lumajang. Selain menyusun EDM, Kegiatan yang akan digelar selama dua hari ini akan dilanjutkan dengan Penyusunan Rapat Kerja Madrasah Tahun 2022.

EDM merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala Madrasah bersama pendidik atau guru, komite Madrasah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Kegiatan ini ditujukan untuk mengevaluasi program madrasah yang telah dilaksanakan dalam satu tahun pembelajaran, apakah kegiatan yang sudah dilaksanakan sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan atau belum. Hasil dari EDM ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar penyusunan RKAM. Lebih lanjutm, hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut.vHasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut.

Secara rinci tujuan penyusunan EDM adalah sebagai berikut

  1. Madrasah mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sebagai dasar penyusunan rencana pengembangan lebih lanjut.
  2. Madrasah mampu mengenal peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan, menilai keberhasilan upaya peningkatan, dan melakukan penyesuaian program-program yang ada.
  3. Madrasah mampu mengetahui tantangan yang dihadapi dan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan.
  4. Madrasah dapat menyediakan laporan resmi kepada para pemangku kepentingan tentang kemajuan dan hasil yang dicapai.

Ada 5 aspek yang dievaluasi dalam kegiatan tersebut antara lain : 1) Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah; 2) Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan; 3) Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran; 4) Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran dan 5) Aspek Perencanaan Pembiayaan.

Berdasarkan hasil evaluasi bersama dapat disimpulkan bahwa :

  1. Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah 75 %
  2. Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan 60 %
  3. Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran 63 %
  4. Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran 55 %
  5. Aspek Perencanaan Pembiayaan 88,6363636363636 %

Menutup kegiatan hari pertama, Kepala Madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Komite, Guru dan Murid serta pemangku kepentingan lainnya atas bantuan pemikiran, masukan dan saran yang disampaikan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan EDM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.