Kepala Madrasah Ikuti Sarasehan Semarak Literasi dan Temu Penulis Lumajang

MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang terus berikhtiar dan berupaya untuk meningkatkan literasi di lingkungan civitas akademika madrasah, dengan membangun kerjasama dengan berbagai pihak pegiat literasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan literasi.

Dalam rangka mewujudkan wujud tersebut di atas, Sabtu (10/04/21) kepala madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd menghadiri kegiatan Sarasehan dan Open House Semarak Literasi Lumajang yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Gatra Lumajang. Kegiatan yang mengambil tema Bersama Membangun Literasi Lumajang tersebut dalam rangka memamerkan karya-karya penulis asal Lumajang dan menjadi ajang untuk mempertemukan para penulis kota pisang ini. Menurut salah satu pustakawan Perpusda Lumajang ada 115 buku karya penulis asal Lumajang yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan sarasehan dan temu penulis Lumajang tersebut dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang, Ir. H. Nugroho Dwi Atmoko dan Direktur Gatra Lumajang. Turut hadir para pegiat literasi Lumajang dan Jember, Penerbit dan beberapa OPD Kabupaten Lumajang.

Kegiatan yang bertemakan “Bersama Membangun Literasi Lumajang” diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan Menyanyikan Indonesia Raya dan Sambutan Direktur Gatra Lumajang
serta plt Kepala Disarpus Lumajang.

Dalam sambutannya, Direktur Gatra Lumajang mengatakan bahwa membangun seni literasi sangat sulit saat ini. Menurutnya saat ini orang lebih senang kalau kegiatan seni literasi dipertunjukkan dan dapat dilihat. Pihaknya berharap kegiatan tesebut bisa berkelanjutan dan rutin untuk mewujudkan Kabupaten Lumajang sebagai kota Literasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Lumajang, Ir. Nugroho sangat mengapresiasi dan bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini. Pihak juga mengatakan bahwa Disarpus sangat nembuka diri kepada siapapun dan organisasi apapun jika ingin mengadakan kegiatan untuk pengembangan literasi di Kabupaten Lumajang.

“Kami sangat Welcome dan monggo kapan pun jika memang untuk pengembangan literasi di Lumajang” ucapnya

Kegiatan inti sarasehan juga diisi dengan bedah buku karya putra Lumajang sebuah ontologi puisi yang berjudul “Meminang Aksara”

Kepala madrasah yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengajak dua santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul yang telah sukses menerbitkan sebuah novel, Rofiq Fadli (Penulis Novel Waktu Untuk Tidak Dicintai) dan Reizal Zhefahila (Penulis Novel Cinta di Tengah Cita-cita dan Janji Suci). Kepada tim redaksi MTs. MU 2 BAKID, mantan kepala Perpustakaan PPMU BAKID mengatakan bahwa kehadirannya ingin menimba ilmu dari penulis-penulis Lumajang.

“Kami ingin membangun silaturrahim dan menimba ilmu dari penulis-penulis terbaik Lumajang”. Tutur Kepala Madrasah

“Di samping itu kami ingin memotivasi dan mengenalkan para penulis santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputiih Kidul yang telah sukses menerbitkan sebuah novel.” Imbuhnya

“Alhamdulillah tadi kami sudah menyerahkan Novel Karya santri PPMU BAKID ke pihak Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *