Kepala Madrasah Ikuti Rakoor Persiapan Seleksi PORSENI KKMTs-2

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan edaran tentang pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Tahun 2021. Dalam power point yang beredar dalam Whatsapp Group KKMTs. Wilayah 2 tersebut, Porseni tingkat provinsi Jawa Timur rencananya akan digelar pada bulan Oktober mendatang. Pelaksanaan Porseni akan dilaksanakan secara bertahap dan berjenjang mulai seleksi tingkat KKM hingga tingkat Kabupaten/Kota

Menghadapi ajang tersebut, pengurus dan anggota KKMTs-2 menggelar pertemuan, di MTs SA Roudlotul Jadid Banyuputih Lor, Sabtu (17/07/21). Menurut sekretaris KKMTs – 2, Mujiono, M.Pd Rakoor tersebut dalam rangka koordinasi Persiapan Seleksi Porseni tingkat Wilayah.

Rakoor yang dihadiri oleh perwakilan 23 Madrasah Tsanawiyah dari tiga Kecamatan tersebut diawali dengan pembacaan tahlil untuk Alm. KH. Ahmad Syarif Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlotut Tholibin Timur Jurang Toroyan Kalipenggung Randuagung (Ayahanda Bpk. Moh. Sunaryadi, M.Pd Kepala MTs. Nahdlotut Tholibin salah satu anggota KKMTs-2)

Usai pembacaan tahlil, acara dilanjutkan dengan agenda utama yaitu rakoor yang dipimpin langsung oleh Ketua KKMTs 2, Gunawan, M.Pd. Dalam penjelasannya ada beberapa agenda yang akan dibahas dalam forum kepala madrasah tersebut :

Agenda pertama adalah terkait Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Menurut informasi yang diterimanya dari pengurus KKMTs. Kabupaten, lembaga madrasah masih kurang proaktif dan masih minim yang mendaftarkan siswanya. Karenanya, kepala MTs. Nurul Amin Jatiroto ini diharap kepada madrasah KKMTs-2 agar proaktif dan segera mendaftarkan siswa-siswanya pada event tersebut.

Sedangkan agenda kedua adalah terkait pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Tahun 2021. Pria yang akrab disapa Pak Gun ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Porseni tingkat Kabupaten khusus Cabang Tatap Muka akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2021. Sesuai hasil keputusan KKMTs Kabupaten, KKM wilayah diharapkan melaksanakan seleksi sebelum tanggal tersebut. Untuk Porseni tingkat Kabupaten diharapkan masing-masing KKM wilayah mulai 1 sampai 6 diharapkan mengirim 5 siswa terbaiknya dari hasil seleksi KKM wilayah dari setiap cabang Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Catur.

Sedangkan untuk cabang seni yang dilombakan secara virtual (Pencak Silat, MTQ, Tahfidz, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab dan Singer) akan ditangani langsung oleh kepanitiaan Kanwil Kemenag Provinsi Jatim. Karenanya, setiap madrasah diharuskan mengikuti semua cabang seni yang dilombakan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

Dalam forum tersebut juga dilakukan musyawarah pembentukan kepanitiaan seleksi Porseni tingkat wilayah KKMTs-2. Setelah melalui musyawarah dan usulan para peserta rakoor, maka disepakati susunan kepanitiaan yaitu Ketua : Mujiono, M.Pd (Kepala MTs. SA Roudlotul Jadid Banyuputih Lor), Sekretaris : Abu Asan, S.Pd.I (Kepala MTs. Darus Sholah Kedungjajang); dan Bendahara : Musrifah, M.Pd (Kepala MTs. Nurul Islam Sawaran Lor Klakah).

Pelaksanaan Porseni KKMTs 2 yang khusus cabang yang dilombakan secara tatap muka tersebut (Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Catur) disepakati akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2021 bertempat di MTs. SA Roudlatul Jadid dan Kantor Balai desa Banyuputih Lor Randuagung Lumajang.

Sekretaris KKMTs 2, Mujiono, M.Pd berharap semua madrasah di wilayah KKMTs 2 untuk mengirimkan peserta terbaikya dan semoga bisa lolos seleksi dan mengharumkan nama baik Lumajang di Tingkat Provinsi Jawa Timur dan bahkan di tingkat Nasional.

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd yang hadir dalam rakoor tersebut akan mencoba dan berikhtiar untuk mengikuti seleksi tersebut baik tingkat wilayah maupun tingkat provinsi sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *