Kepala Madrasah Ikuti Rakoor Pembinaan Calon Kafilah Kab. Lumajang 2021 bersama Sekda Lumajang

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd memenuhi undangan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Seleksi Calon Kafilah Kabupaten Lumajang menjelang MTQ Provinsi Jawa Timur, Selasa (29/06/21). Rapat koordinasi yang digelar oleh Bagian KESRA Pemkab. Lumajang dihadiri oleh para koordinator pembina MTQ Kabupaten Lumajang, beberapa pejabat Kementerian Agama Lumajang  Pengurus JQH NU Lumajang dan para Kyai/Ustadz yang masuk dalam kepengurusan LPTQ Kabupaten Lumajang.

Rapat Koordinasi digelar di Ruang Rapat Lantai 3 Nararya Kirana Pemerintah Kabupaten Lumajang dan dibuka langsung oleh bapak Sekda Lumajang, Drs. Agus Triyono, M.Si didampingi oleh Kabag. KESRA, H. Mahfudz, M.Pd.I. dan Plt. Kepala Kantor Agama Kab. Lumajang yang diwakili oleh Kasie. Bimas Islam, Sudihartono, S.H.I.

Dalam sambutan dan arahannya menyampaikan permohonan maaf karena acara rakoor tertunda hingga hampir 2 jam yang rencana akan mulai pada jam 09.00 tetapi baru bisa dimulai jam 10.45 WIb

Mengawali sambutannya, menjelaskan susahnya menjelaskan terkait Covid kepada masyarakat. Apalagi akhir-akhir ini terjadi lonjakan Covid yang terjadi di Indonesia khususnya Kabupaten Lumajang. Oleh karena itu, pihaknya mengharap para Kyai, para ustadz dan ustadzah yang hadir ikut berpartisipasi memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam rangka ikut mencegah penularan covid 19.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kabag. KESRA Pemkab Lumajang H. Mahfud, M.Pd. Pria berkacamata ini mengatakan bahwa agenda hari ini bukan saja hanya rapat koordinasi persiapan MTQ Jawa Timur tetapi juga penyerang SK Bupati Lumajang tentang pengurus LPTQ Kabupaten Lumajang sebagai telah diterima oleh para peserta yang hadir. Ada beberapa usulan nama pengurus baru LPTQ Kabupaten Lumajang.

Baca Juga :

MASUK JAJARAN PENGURUS LPTQ KAB. LUMAJANG PERIODE : 2021-2026, KEPALA MADRASAH : SUNGGUH AMANAH YANG SANGAT BERAT

Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur diundur 2 – 11 November 2021. Harapannya Kabupaten Lumajang masuk 3 Besar. Sekedar untuk diketahui pada MTQ Jatim sebelumnya Kabupaten Lumajang hanya mampu masuk 10 besar.

Di samping menyampaikan harapannya, Pak Mahfudz juga menyampaikan jadwal pembinaan dan seleksi dari semua cabang. Bahkan pihak KESRA akan melakukan kunjungan monitoring semua pelaksanaan pembinaan tersebut.

Sambutan ketiga disampaikan oleh pihak. Kementerian Agama yang diwakil oleh Sie. Bimas Islam,  Sudihartono, S.H.I. Mantan anggota pengurus LFNU tersebut menyampaikan salam Plt Kepala Kemenag Kabupaten Lumajang karena tidak bisa hadir karena sedang ada agenda yang bersamaan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Karena tugas pokoknya adalah Kabid. PAIS Kanwil Jawa Timur.

“Kementerian Agama Kab. Lumajang mendukung penuh kepada Kafilah MTQ Kab. Lumajang walaupun tidak bisa membantu secara finansial. Pihaknya berharap kafilah MTQ Lumajang bisa masuk 3 besar sesuai dengan harapan Kabag. KESRA. Menurutnya Kabupaten Lumajang memiliki potensi yang luar biasa khususnya di beberapa cabang.” terang pria yang akrab disapa ustadz Sudi.

Di samping Rakoor untuk mempersiapkan MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021, agenda kegiatan adalah pengukuhan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lumajang Periode Tahun 2021-2026.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. KH. Satuyar Mufid, MA Rektor IAI Syarifuddin Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *