Kamad Menjadi Tim Penguji Ujian Baca Kitab Maba STISMU Lumajang TA. 2022-2023


Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd menjadi salah satu tim penguji Ujian Baca Kitab (UBK) Mahasiswa Baru STIS Miftahul Ulum 2 Lumajang Tahun Akademik : 2022/2023, Kamis (09/06/22).

Tim penguji UBK terdiri dari para asatidz senior antara lain : KH. Moch. Taufiq Syam, M.Pd,  Kyai Nur Hasan, S.Pd.I., Ustadz Zuhri Muammar, Ustadz Muhammad Muhyi, S.Pd. dan Dr. H. Zainuddin, M.Pd (Wakil Ketua III STISMU Lumajang yang juga ketua komite MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid).

UBK dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. Bertempat di lantai 2 gedung Putra untuk mahasiswa dan di ruang kelas Putri untuk mahasiswi. Ujian diikuti oleh 300 calon maba yang terdaftar di empat prodi yang berbeda yaitu : Hukum Keluarga Islam (HKI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Ilmu Al-Qur’an Tafsir (IAT).

Para calon mahasiswa baru dituntut untuk membaca kitab Syarh Fathul Qarib. Tidak hanya membaca kitab gundul (istilah pesantren untuk kitab yang tidak ada terjemah dan tidak bersyakal) dengan baik dan benar, para calon mahasiswa juga dituntut untuk memahami isi dan kandungannya dengan menjelaskan maqra’ yang sudah dibaca dengan sitem undian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.