Ishoma : Guru 3 Madrasah Ngobrol Santai Seputar Pendidikan

Di sela padatnya kegiatan pelatihan manajemen dan pembekalan moderasi beragama yang akan dilaksanakan selama dua hari di MTs. Nurul Amin Jatiroto, Guru dari madrasah yang berbeda memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk berdiskusi dan saling sharing kelembagaan.

Ketiga madrasah tersebut adalah MA. Nurul Amin, MTs. Miftahul Ulum dan MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul. Kegiatan ngobrol santai antar lembaga tersebut berlangsung di ruang kepala MA. Nurul Amin Jatiroto. Suguhan secangkir kopi hitam yang masih panas semakin menambah hangat keakraban dan penuh dengan kekeluargaan. Sesekali canda dan guyonan khas ala pesantren membuat suasana semakin asik.

Diskusi masalah pendidikan tidak ada habisnya. Semua sepakat bahwa tugas utama dan core bisnis madrasah sebagai lembaga pendidikan adalah menggali seluruh potensi yang dimiliki oleh warga madrasah serta memberdayakan untuk melakukan sebuah inovasi dan meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan itu sendiri.

Semuanya sepakat bahwa perubahan tidak akan pernah terjadi jika tidak dimulai dengan merubah pola pikir lama dengan menerapkan pola manajemea kolaboratif bukan lagi one man one show. Juga tidak segan untuk meniru sistem kinerja orang lain yang telah sukses.

Obrolan terus mengalir tanpa terasa hampir satu jam. Diskusi ringan pun harus berakhir karena sesi kedua kegiatan pelatihan yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Lumajang sudah dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.