Hari Kelima Ujian Praktik PJOK

Sebanyak 187 (Seratus delapan Puluh Tujuh) siswa kelas IX MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang mengikuti ujian praktik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang bertempat di lapangan madrasah, Jum’at (25/03/2022)

Ujian praktik dilaksanakan dengan tetap mengacu pada jadwal yang telah dibuat oleh madrasah dan tidak terlepas dari kisi-kisi ujian praktik yang telah dibuat oleh masing-masing guru.

Baca Juga :

HARI KELIMA UJIAN PRAKTIK MEMBACA AL-QUR’AN

Kegiatan ini juga diikuti oleh ketua anggota panitia ujian praktik dan dibantu oleh guru lainnya untuk membantu guru Mata Pelajaran PJOK selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

Aris Purnomo, S.Pd selaku Ketua Panitia Ujian Parktik Tahun Pelajaran 2021/2022 menyampaikan beberapa item dan jenis materi yang dipraktikkan di antaranyaTes Fisical Fitness, Lari Jarak Pendek dan Teknik Dasar Sepak Bola. Tujuannya yaitu mengukur tingkat pemahaman teori siswa yang diaplikasikan ke dalam gerakan.

Tes Fisical Fitness

Kompetensi Dasar : Mampu menerapkan unjuk kerja ketrampilan lokomotor dan manipulative dalam salah satu nomor olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Indikator tes fisical fitness meliputi beberapa aspek yaitu : a) Aspek Psikomotor – Melakukan gerakan, push up, sit up,  squat thrust, squat jump. b) Aspek Kognitif Menyebutkan fungsi dan manfaat gerakan push up, sit up squat thrust, squat jump. c) Aspek Afektif –  Melakukan gerakan push up, sit up squat thrust, squat jump penuh sportifitas.

Lari Jarak Pendek

Lari Jarak Pendek dengan Indikator : a) Aspek Psikomotor : Melakukan lari jarak pendek dengan menekankan pada teknik start,langkahkaki dan ayunan tangan. b) Aspek Kognitif : Mengetahui tehnik dasar lari jarak pendek. c) Aspek Afektif Melakukan lari jarak pendek sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sepak Bola

Kompetensi Dasar : mempraktikan teknik dasar salah satu nomor olahraga permainan bola besar beregu lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian. Indikator : a) Aspek Psikomotor : Melakukan teknik dasar menendang, menahan, dan menggiring bola dengan baik. b) Aspek Kognitif : Memahami teknik dasar menendang, menahan, dan mengiring bola. c) Aspek Afektif : Dapat  bekerjasama dengan teman dalam kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.