Hari Kelima PAT : IPS dan TIK

Sabtu (11/6/2022), melanjutkan jadwal Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2021-2022 yang kini mengujikan Mapel IPS dan Mapel TIK.

Ilmu Pengetahuan Sosial di jenjang MTs notabene mapel yang butuh ingatan kuat agar dapat menjawab soal dengan sempurna. Dari keterangan Mahrus Sholeh, S.H salah seorang pengawas ujian diketahui banyak siswa yang kesulitan menjawab soal. “Ujian jam pertama anak-anak mengerjakan IPS banyak yang kesulitan, terutama di Kelas VIII Putri, mereka meminta tambahan waktu.” ujar Mahrus.

Sama halnya dengan soal mapel lainnya yang materi soal ujian mixing antara level HOTS, MOTS, dan LOTS berbasis literasi-numerasi. Muhammad Ro’uf, S.Pd menyebutkan bahwa soal mapel IPS berisi humaniora maupun hitungan, “dari soal yang saya baca tadi secara umum soal sudah mencakup literasi dan numerasi, jika mereka kesulitan menjawab soal kemungkinan karena kurangnya persiapan belajar.” ungkap Ro’uf ditemui sebelum rapat evaluasi.

Sedangkan di jam kedua yang menguji Mapel TIK tidak banyak kendala. Abdul Wafi, S.H menyebut secara umum ujian hari ke-5 tidak ada halangan, kartu ujian dan hal-hal yang sifatnya teknis masih dapat di-handle oleh panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.