Hari Keenam PAT 2022 : PPKn dan Aswaja Ke-NU-an

Jadwal hari ke-6 Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2021-2022 mengujikan Mapel PPKn di jam pertama dan Mapel Aswaja di jam kedua pada hari Minggu (12/6/2022).

Panitia sengaja menempatkan kedua mapel tersebut di hari yang sama dengan alasan untuk memberikan pemahaman bahwa keduanya mengajarkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme serta memberi pengetahuan bagaimana seharusnya seorang yang beragama bertingkah laku.

Pengampu Mapel Aswaja Husen, S.Pd menjelaskan bahwa mapel yang diampunya tidak jauh berbeda dengan PPKn, terlebih dari segi tujuan yang keduanya mengajarkan menjadi manusia Indonesia yang beradab. “Pendidikan kewarganegaraan maupun pendidikan keagamaan seperti PPKn dan Aswaja ini sebenarnya tidak ada sekat, keduanya mengajarkan kita warga Indonesia agar menjunjung nilai-nilai Pancasila, yaitu menjadi manusia beradab melalui pendidikan” terang ustadz yang juga menjadi bagian pengurus LKSA Miftahul Ulum.

Fathurrahman, S.Pd menjelaskan dari materi soal, keduanya berbasis literasi dan beberapa diantaranya mengangkat kasus-kasus yang sering terjadi, semisal: egosentris keagamaan, perundungan, maupun perusakan lingkungan. “Mau tidak mau anak-anak harus banyak membaca untuk menambah pengetahuannya jika melihat materi soal hari ini. Isu-isu yang terjadi setahun ini banyak dibahas soalnya” jelas Fathur yang juga menjabat sebagai Ketua Kopontren Kab. Lumajang.

Dari pantauan tim redaksi madrasah, ujian hari ke-6 ini tidak ada kendala baik di kelas putra maupun putri. Bahkan selepas ujian, beberapa guru tampak mengkoordinir siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.