Hari Kedua PAT 2022 : Bahasa Indonesia dan Fikih

Selasa (07/06/22), Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2021-2022 memasuki jadwal hari ke-2 mengujikan Mapel Bahasa Indonesia dan Mapel Fiqih.

Menurut salah satu siswa dari Kelas 7-D Fahri, dari kedua ujian hari ini yang sulit ada di Mapel Bahasa Indonesia. “Jam pertama tadi Bahasa Indonesia lumayan sulit, banyak soal yang menjebak” cetusnya.

Menurut keterangan Aris Purnomo, S.Pd, materi soal tahun ini lebih banyak menguji kemampuan literasi siswa. “Jika siswa mengatakan bahwa soal banyak menjebak itu tidak tepat, karena soal berbasis literasi jadi butuh konsentrasi agar dapat memahami soal” sanggah Guru Bahasa Indonesia ini menanggapi komentar muridnya.

Sampai jam ujian kedua yang mengujikan Mapel Fiqih secara keseluruhan dari semua kelas tidak ada permasalahan teknis. Menurut salah satu pengawas M. Hasyim Asy’ari, S.H ada beberapa siswa terlihat berlalu-lalang di lorong kelas. Namun, setelah di-cross-check oleh pengawas lain mendapati mereka hanya antri ke kamar mandi yg kebetulan ada kamar mandi yang saluran airnya sedang buntu. “Banyak dari mereka tadi antri kamar mandi, mondar-mandir di lorong mungkin untuk mengalihkan kejenuhan menunggu giliran” ungkap Hasyim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.