Hari Kedua, Bimtek Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab (KMA 183 & 184)

Hari kedua, Selasa (10/11/20) pelaksanaan Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi E-Learning jenjang MTs (Pembelajaran Bahasa Arab MTs) di MTs. Nurul Amin Rojopolo Jatiroto Lumajang berjalan lancar dan penuh dengan khidmat.

Para peserta bimtek yang hadir MTs. 5 kecamatan Lumajang tampak khusyu’ dan penuh semangat menyimak paparan materi yang disampaikan melalui live streaming via zoom di gedung aula lantai 2 MTs. Nurul Amin Jatiroto yang dinahkodai Bapak Gunawan, M.Pd yang juga sekaligus Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) Kecamatan Jatiroto, Randuagung, dan Kedungjajang.

Menurut Fathur Rahman, S.Pd.I Guru Bahasa Arab MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul yang hadir dalam kegiatan bimtek lanjutan tersebut mengatakan ada 4 materi yang disampaikan dalam bimtek kedua tersebut.

Materi pertama adalah Pembelajaran Unsur Berbahasa, Bentuk, Makna dan Fungsi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif KMA 183 yang disampaikan oleh Alfiyatus Syarofah, M.Pd .

Sedangkan materi kedua dipaparkan oleh Hasyim Amrullah, MA yang menjelaskan Implementasi Pembelajaran Kompetensi Komunikatif, Literasi, dan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-Learning.

Usai ishoma yang dimulai 11.30 sampai 12.30, materi dilanjutkan dengan Bedah KI/KD KMA 183 Tahun 2019 dan Buku Teks ke Materi Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Pedagogi Genre oleh Dr. Ahmad Muballigh, M.HI.

Materi terakhir yang disampaikan dimulai jam 14.30 adalah tata cara Mengoperasionalkan LMS E-Learning Madrasah oleh Ahmad Hariadi.

“Intinya pengembangan kompetensi diri seorang guru sekiranya guru itu memiliki skill tersendiri dalam pengajaran bahasa arab, kompetensi itu bisa di capai dengan banyak membaca dan istima’ sehingga peserta didik semakin tertarik dan semangat untuk belajar bahasa arab.” jelas Fathur Rahman kepada tim redaksi www.mtsmu2bakid.sch.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *