Hari Kedua ANBK dan Survei Lingkungan Belajar Bagi Guru Berjalan Lancar

Masih dalam pelaksanaan Asesmen Nasional yang merupakan program penilaian terhadap mutu sekolah/madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah resmi diakhiri hari ini Selasa(05/10/21). MTs. Miftahul Ulum 2 yang melaksanakan ANBK 2021 di hari kedua ini seluruhnya sukses baik itu secara teknis maupun yang sifatnya umum.

Baca Juga

MTS. MIFTAHUL ULUM 2 LAKSANAKAN ASESMEN NASIONAL BEBERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2021

Abdul Rozak, S.Sos selaku proktor mengatakan pelaksanaan ANBK hari kedua ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun tidak seperti hari hari pertama kemarin yang sempat terjadi pemadaman listrik oleh PLN. “Alhamdulillah hari ini, ANBK lancar dan suskes. Listrik aman, koneksi internet pun lancar.”

Ketua Tim Pelaksana Madrasah Mochammad Fathur Rrosi, S.H menjelaskan di hari kedua ini ANBK 2021 tidak hanya siswa yang namanya dirandom oleh sistem, namun beberapa guru pun ikut terlibat utamanya Survei Lingkungan Belajar. “Guru yang fungsinya sebagai pendidik ikut terlibat dalam ANBK kali ini, kalau dilihat dari isian survei itu lebih menekankan pada aspek pemahaman guru tentang lingkungan yang ideal bagi proses pembelajaran” ungkap Fathur selaku Kabag TU.

Muhammad Ismail, S.Pd seorang guru baru untuk mapel MIPA di madrasah ini saat ditanya terkait survei tersebut mengungkapkan bahwasannya isian survei tidak menekankan jawaban benar dan salah karena lebih kepada pernyataan/pendapat mengenai kondisi lingkungan sekolah. “Tidak ada pertanyaan di dalam survei tadi, yang ada hanya pernyataan. Untuk materi survei, umumnya tentang ideologi, kepemimpinan, teknis pengajaran, dan beberapa hal lain seputar sekolah” ungkapnya saat ditemui di akhir kegiatan.

Dikutip dari laman kemdikbudristek bahwa Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.

ANBK MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid di hari penutupan ini dimulai pada pukul 07.30-09.40 dan dijeda istirahat, lalu dilanjutkan lagi pada pukul 10.40-12.50 dengan pembagian masing-masing tiga sesi, yaitu: Latihan (10 menit), Literasi Membaca (90 menit), Survei Karakter (30 menit). Pengawas kedua Bahrul Ulum, S.H berasal dari MTs. Bustanul Ulum. Banyuputih Kidul.

Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Tim Pelaksana Madrasah baik itu proktor dan teknisi sekaligus para dewan guru karena telah turut mensukseskan salah satu program nasional utamanya di lingkungan MTs. Miftahul Ulum 2. Hasil dari ANBK 2021 ini nantinya akan menjadi konsen evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan, “Apapun hasilnya dari dua hari pelaksanaan ANBK ini akan kita jadikan bahan evaluasi, kita akan konsen pada perbaikan internal dan peningkatan mutu pendidikan” ungkap pria yang kini menjadi pembina peserta MTQ Jatim Kafilah Kabupaten Lumajang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.