Hari Ke 1 Bimtek, Kepala Madrasah Hadiahkan Buku Karya Santri

Sebanyak 9 orang pungelola perpustakaan Miftahul Ulum mengikuti Bimtek Pengelolaan Perpustakaan yang dihadiri oleh pejabat dan pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.

Dimulai jam 08.00 hingga jam 12.00, para peserta tampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan bimtek yang pertama kali digelar di lingkungan Pondok Pesantren. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat para narasumber tidak hanya monoton memberikan materi ansich. Para narasumber sesekali memberikan game-game seru sehingga para peserta bersemangat mengikuti kegiatan Bimtek. Bahkan Ibu Chindy juga memberikan hadiah buku bagi peserta yang paling aktif dan paling banyak mengajukan pertanyaan.

Pustakawan lulusan UNAIR juga memotivasi para pustakawan untuk terus semangat dan sabar dalam melaksanakan tugas pengelola perpustakaan.

“Menjadi pustakawan itu butuh kesabaran dan ketelatenan. Karena profesi pustakawan ini tidak familiar di kalangan masyarakat umum. Tuturnya

Salah satu pemateri Bimtek Yanuar Wildan Hanif menyampaikan apresiasinya terhadap perpustakaan Miftahul Ulum karena sudah menerapkan otomasi perpustakaan.

“Sistem ini hasil kerjasama dengan UIN Malang” ujar Isbir Ketua Perpustakaan menanggapi komentar narasumber

Pria lulusan STIE Widyagama Lumajang ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek merupakan kegiatan perdana di madrasah dan lembaga pendidikan di lingkungan pesantren

“Ini pertama ustadz, kita Bimtek di lingkungan pesantren. Apalagi masih muda-muda. Selama ini kita Bimtek pada perpustakaan desa dan sekolah-sekolah SD. Itu pun sepuh-sepuh yang agak sulit untuk diajak beradaptasi dengan dunia digital”. ujar Mas Wildan panggilan akrab Yanuar Wildan Hanif, SE.

Di akhir kegiatan bimtek hari pertama ini, ditutup dengan pemberian cindera mata oleh masing-masing pihak. Pemberian cindera mata yang berupa buku koleksi diberikan langsung oleh Kasie. Pengelolaan Bahan Pustaka kepada Wakil Kepala Pengurus PPMU yang juga Waka. Bidang Sarpras MTs. Miftahul Ulum 2 , Moh. Badrul Munir, SH.

Sementara itu, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 menyerahkan 2 judul buku kepada Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lumajanh; Waktu untuk tidak Jatuh Cintai karya Rofiq Fadli santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum dan Berdoa Bersama Rasulullah saw hasil coretan Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 sendiri.

Tak ketinggalan Kepala Perpustakaan Miftahul Ulum, Isbir, SH juga menghadiahkan buku karyanya berjudul “Kamu, Sebuah Rindu yang Tak Tuntas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *