Hadapi ANBK 2021, KKMTs-2 Gelar Rapat Koordinasi

Menghadapi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Tingkat SMP/MTs akan digelar secara serentak pada 4-5 Oktober 2021 mendatang, KKMTs-2 menggelar rapat koordinasi di MTs. Roudlotul Jadid Banyuputih Lor Randuagung Lumajang. Rabu (22/09/21)

Rapat yang dihadiri oleh seluruh kepala madrasah tsanawiyah dari Kecamatan Jatiroto, Randuagung, Kedungjajang tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua KKMTs-2 Gunawan, M.Pd didampingi Sekretaris KKM Mujiono, M.Pd.

Baca juga :

HARI PERTAMA, DESIMINASI DAN ANALISA MATERI SOAL ANBK

Dalam sambutannya, Kepala MTs. Nurul Amin Jatiroto tersebut mengatakan bahwa madrasah sebagai sebuah lembaga pendidikan, ke depan mempunyai tantangan tersendiri terutama pada peningkatan mutu. ANBK yang akan digelar mulai tahun ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Masih menurut guru senior ini, selain fokus pada peningkatan fasilitas, tantangan madrasah juga terletak pada peningkatan mutu tenaga pengajar. Karena itu, pihaknya mengharapkan kepada kepala madrasah yang hadir agar melakukan lompatan-lompatan dalam rangka memajukan madrasahnya.

Terkait dengan pelaksanaan ANBK, Pria yang akrab disapa dengan Abah Gun tersebut menyampaikan bahwa sesuai dengan keputusan pengurus KKMTs Kabupaten, sistem kepengawasan ditetapkan dengan sistem silang pengawas antar madrasah sesuai dengan wilayah masing-masing.

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut menyambut baik dan mengamini arahan ketua KKMTs-2 tersebut. “Saya sepakat dengan ketua KKM. Saat ini madrasah tidak boleh diam dan berkutat dengan rutinitas belaka. Madrasah harus bergerak melakukan inovasi dan terobosan baru.” ujarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *