Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti Pelatihan Thematic Academy Kominfo dan Kemenag

MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang terus mendorong dan berikhtiar untuk meningkatkan kompetensi gurunya dengan mengikuti kegiatan beragam webinar dan pelatihan-pelatihan virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan lintas kementerian lainnya. Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, Senin (20/09/21) Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA) dan Digital Entrepreneurrship Academy (DEA).

Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Agama dan Kementerian Informasi dan Komunikasi. Sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI nomor:B-2757/Dt.I.II/KS.02/08/2021 tanggal 31 Agustus 2021 tentang kegiatan penyelenggaraan “Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA) dan Digital Entrepreneurrship Academy (DEA)”

Selama 10 hari ke depan hingga 20 September 2021, Akh Farid, S.Kom – satu guru dan admin website MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid – akan mengikuti kegiatan tersebut. Alumni ITN Malang akan mengikuti skema pelatihan Junior Web Developer. Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang SDM, KemKominfo RI, Dr. Hary Budiarto, M.Kom. dengan diawali dengan Laporan Kegiatan Oleh Kepala BPPTIK, Dr. Nusirwan, S.Ag, M.Si.

Pelatihan yang digelar mulai jam 09.00 hingga 16.30 ini diisi dengan beberapa materi pelatihan melalui B-Learning yang dipandu langsung oleh tenaga pengajar dari Kemkominfo. Di hari pertama dibag menjadi 2 sesi. Live Session 1: Hak Atas Kekayaan Intelektual. Sedangkan Live Session 2: Pelatihan Materi Teknis Melalui Zoom Meeting.

Akh. Farid mengatakan bahwa dalam pelatihan ini, para peserta dituntut aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Menurut alumni MA. Miftahul Ulum Bakid ini, pelatihan TA ini banyak praktik karena menggunakan B-Learning, sehingga tidak bisa ditinggalkan

“Itu pake b learning. Jadi langsung praktek ustad. Gak bisa ditinggal.” ujarnya

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd bersyukur dan mengungkapkan rasa senangnya karena salah satu gurunya terjaring dalam pelatihan tersebut. Apalagi kegiatan tersebut berkaitan dengan kompetensi berbasis digital. Pihaknya berharap ilmu yang didapat berguna untuk pengembangan MTs. Miftahul Ulum 2 ke depan.

“Alhamdulillah guru kita bisa ikut pelatihan ini. Semoga ilmu yang didapatkan dari pelatihan bermanfaat untuk pengembangan madrasah.” ungkapnya

Hal senada juga disampailan oleh pengawas dan pembina madrasah Drs. Achmad Junaedi, M.M yang mengharapkan agar ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di madrasah.

“Alhamdulillah ilmunya nanti diterapkan.” ujar anggota asesor BAN-S/M Jawa Timur ini

Jadwal Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *