Guru dan Kepala Madrasah Ikuti Bimtek PBL CERIS 1 Kab. Lumajang

Rabu (14/07/21) kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Sahroni, S.Pd.I. M.Pd mengikuti kegiatan Pembukaan Bimtek PBL CERIS 1 Kab. Lumajang yang diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota Se Wilayah Tapal Kuda

Kegiatan yang mengambil tema “Dengan CERIS PAI Hebat Karakter Siswa Bermartabat Untuk Gali Kearifan Lokal” ini dimulai pada pukul 08.30 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di channel youtube Narasi7. Sebanyak 224 peserta mengikuti kegiatan bimtek tersebut mulai dari guru PAI SD, SMP, SMU dan beberapa perwakilan madrasah di bawah naungan Kementerian Agama Se Tapal Kuda

Dalam acara pembukaan Bimtek tersebut bertindak sebagai Keynot Speaker : H. Thoriqul. haq, M.ML, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Moh. Nurul Huda, M.Pd.I, Dr. Hj. Siti Nur azizah, S.H., M.Hum Pegiat Literasi Nasional, dan Plt Kepala Kemenag Kabupaten Lumajang, Santoso, S.Ag., M.Pd.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang memberikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek ini. Menurutnya di tengah semakin mudah anak-anak sekolah mengakses informasi dari berbagai media sosial yang unlimited, kegiatan gerakan literasi khususnya tentang ke-Islam-an sangat penting dan sangat diperlukan. Mengingat informasi yang tersebar di dunia maya kebanyakan tidak sesuai dengan nilai-nilai ke-Islam-an dan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal yang sudah mengakar di masyarakat Indonesia.

Bahkan banyak sekarang anak-anak sekolah yang suka menyalahkan dam membid’ahkan amaliah orang tuanya sendiri karena disebabkan oleh informasi dan bacaan yang diperoleh melalui media online yang tidak sesuai dengan cara pandang keagamaan yang diajarkan oleh leluhur dan ulama salaf. Terang pria yang akrab dipanggil Cak Thoriq ini.

Kegiatan yang digelar hingga tanggal 26 Juli 2021 tersebut mendatangkan beberapa Narasumber antara lain : Maimon, M.Ag (Penulis PBL Ceris), Dra. Hj. Dien Rahma Suryani, M.Pd.I, Nurul Hidayah, M.Pd.I (Novelis Ceris Jatim), dan Harsan GM (Pegiat Literasi)

Sedangkan beberapa moderator yang memandu hingga hari terakhir antara lain : Safitri, S.Ag., MA (Novelis Ceris Limajang), Binti Masruroh, M.Pd.I (Novelis Ceris Kabupaten Kediri), Novia Elga Rizqiya, S.Pd (Novelis Ceris Kota Surabaya. Bertindak sebagai Ketua Panitia yaitu Ali Fauzi, S.Ag., MA (PPAI Kabupaten Lumajang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *