Guru Bahasa Indonesia Raih Beasiswa LPDP Jenjang Studi Magister

Rofik Hariyadi, S.Pd., guru Mapel Bahasa Indonesia di MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul berkesempatan melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister melalui Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI. Sebelumnya di Tahun 2022, Zainuddin, S.Pd.I., M.Pd dinyatakan lulus dalam seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Beasiswa Doktoral Dalam Negeri LPDP – Kementerian Agama RI.

Ustadz Rofik memberikan keterangan kepada tim redaksi madrasah bahwa tidak hanya dirinya yang mendaftar, tapi ada beberapa ustadz lainnya yang turut mendaftar. Namun, hanya dirinyalah yang lolos sedangkan ustadz lainnya ada yang gagal di tahap pemberkasan, psikotes, maupun wawancara. Diketahui guru yang juga menjadi pembina tim literasi madrasah di bidang kesastraan ini melanjutkan studi magisternya di Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S-2).

Baca Juga

SELAMAT, 1 GURU MTS. MU 2 LULUS BEASISWA INDONESIA BANGKIT BEASISWA S3 DALAM NEGERI LPDP-KEMENAG RI

“Alhamdulillah. Semua proses wawancara dan proposal tesis saya menyangkut MTs MIFUL 2 Ustadz.” Ucapnya bangga saat ditanya perihal poin penting persyaratan beasiswa yang didapatnya. Judul proposal tesis yang diangkatnya, yaitu “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuan Membaca dan Keterampilan Menulis Siswa di MTs. Miftahul Ulum 2 Lumajang”.

Riuh pesan yang ada di WhatsApp Group madrasah memberikan ucapan selamat padanya, banyak rekan guru yang berharap jika selepas menyandang gelar magister nanti akan tetap mengabdi pada MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid ini. Beliau membalas, “Harapan saya tetap melanjutkan berkontribusi untuk madrasah ini kedepannya. Terimakasih banyak doa dan support rekan-rekan, serta gerakan literasi di madrasah ini sangat banyak membantu”.

Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd merasa bersyukur dan senang dengan kolega guru-gurunya yang mau berusaha meningkatkan statuta studi. Dirinya melalui lembaga yang dipimpinnya akan mendukung selama proses studi berlangsung.

Anggota LPTQ Kabupaten Lumajang ini berharap semoga dapat meningkatkan prestasi-prestasi peserta didik terutama di bidang literasi. “Alhamdulillah bertambah lagi guru bergelar magister, semoga Ustadz Rofik yang memang memiliki minat dalam hal kesusastraan ini dapat meningkatkan prestasi siswa kita.” harapnya.

Ustadz Rofik yang belum genap setahun bergabung di madrasah terakreditasi unggul ini berpesan kepada rekan-rekan guru lainnya agar jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan selagi peluang masih terbuka lebar, jika gagal teruslah mencoba lagi dan lagi selama kehendak masih ada. Ditanya kesan yang ia rasakan dengan diraihnya beasiswa ini, beliau mengatakan “Sangat bersyukur karena mendapat arahan dan rekomendasi dari Ustadz Sahroni (Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid) serta support dari guru-guru. Rekomendasi dari kepala madrasah tersebut ternyata menjadi materi pokok pada sesi wawancara.”

Lebih lanjut lulusan Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan dengan senyum yang tak lepas, “Perasaan sangat senang sekali, karena Beasiswa LPDP ini termasuk beasiswa paling bergengsi di Indonesia. Saya bisa lolos dengan sekali percobaan saja sungguh sebuah keberkahan.”

One Reply to “Guru Bahasa Indonesia Raih Beasiswa LPDP Jenjang Studi Magister”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *