Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021

Setelah dilaksanakannya simulasi ANBK dua pekan lalu, Senin (13/09/21) MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Lumajang telah melaksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021. Gladi bersih ANBK perdana tersebut berjalan dengan lancar dan sukses dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari hingga Selasa tersebut dimulai pada pukul 07.30 -12.30 WIB dengan dibagi menjadi 2 sesi. Selama kurang lebih 2 jam lebih para peserta didik harus mengerjakan soal literasi numerasi dan survei karakter dan lingkungan sekolah.

Baca juga :

EVALUASI ROAD MAP MADRASAH, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 GELAR DISKUSI BERSAMA L1

Kegiatan Gladi Bersih ANBK ini diikuti oleh 40 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK ini menggunakan 2 ruangan yang masing-masing ruangan diisi oleh 15 peserta dan didampingi oleh 1 proktor, 1 teknisi dan 1 pengawas.





Pelaksanaan ANBK tahun 2021 di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid berjalan dengan lancar meski sempat terdapat gangguan padamnya listrik walaupun sebentar. Namun secara keseluruhan, pelaksanaan ANBK tetap berjalan sukses.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Pelaksanaan Asesmen Nasional ini sangat penting dan sebuah keharusan untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Asesmen ini dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah merata ke semua peserta didik atau belum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *