FGD Edisi Mei 2023: Berkolaborasi dan Jaga Fokus

Selepas kegiatan belajar-mengajar, di ruang guru, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengundang seluruh koleganya untuk sharing bulanan Focus Group Discussion (FGD) Edisi Mei 2023. Menurut surat undangan bernomor MU-F2/543/A.II/20233, diskusi rutin mengagendakan beberapa topik pembahasan.

Mengawali diskusi, Lukman Hakim, S.H yang menjadi moderator menyampaikan agenda FGD Edisi Mei 2023, antara lain: Laporan PPDB TP. 2023-2024; Evaluasi Podcast M2M “Dirosah Virtual”; Evaluasi AMBK TP. 2022-2023; Laporan MYRES 2023; Persiapan ziarah wali lima; Persiapan puncak Harlah Tahun Keempat; Kegiatan-kegiatan akhir semester TP. 2022-2023; dan terakhir Persiapan MATSAMA TP. 2023-2024. Kepala madrasah kemudian dipersilahkan memberikan sambutan pembuka.

Secara singkat, Ustadz Sahroni mengutarakan bahwa di Bulan Juni mendatang akan ada banyak kegiatan. Beliau mengharapkan kolaborasi antar individu yang telah terbagi ke dalam kepanitiaan maupun tim-tim kecil, dan bagi yang tergabung di dua kepanitiaan diharapkan fokusnya tidak terpecah.

“Terimakasih banyak kepada semua rekan-rekan yang mampu istiqomah mencurahkan waktu, tenaga, dan pemikirannya untuk madrasah ini. Sejak di Bulan Juni hingga Juli, kita memiliki banyak agenda kegiatan. Beberapa agenda itu harus kita finalisasi hari ini, yang lain bisa disempurnakan dulu konsepnya oleh panitia yang telah dibentuk. Padatnya kegiatan ini nantinya saya mohon kerjasamanya dan dijaga betul segala sesuatunya agar dapat berkesesuaian dengan yang telah dijadwalkan”, terang kepala madrasah.

Selanjutnya, secara bergiliran perwakilan kepanitiaan mengemukakan laporan kegiatannya masing-masing. Mulai Laporan PPDB TP. 2023-2024 disampaikan Mahrus Ali, S.H; Evaluasi Podcast M2M “Dirosah Virtual” dipaparkan M Said Fadhori, S.Pd.I; Evaluasi AMBK TP. 2022-2023 diutarakan Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I; dan MYRES 2023 dilaporkan oleh Zainal, M.Pd.

Setelah mendengarkan laporan-laporan dan rekomendasi dari hasil evaluasi kegiatan sebelumnya, moderator mempersilahkan Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H untuk memberikan laporan sementara perkembangan agenda Ziarah Wali Lima. Sebagai informasi, bahwasanya kegiatan ini merupakan hasil integrasi dengan Yayasan PP. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul yang mensyaratkan siswa-siswi Kelas IX untuk mengikutinya.

Dalam keterangannya, Ustadz Zafin telah berkoordinasi dengan Kabag TU Fathur Rosi, S.H mengenai kepastian jumlah peserta ziarah dan sejumlah guru yang dilibatkan sebagai tour guide. Rute pemberangkatan hingga spot destinasi juga telah dikoordinasikan dengan pihak yayasan. Jadwal rombongan akan dibagi dua, yaitu dipisah siswi putri akan diberangkatkan terlebih dahulu, setelah kembali dua hari kemudian barulah siswa putra yang akan diberangkatkan.

Setelah dinyatakan cukup jelas keterangan mengenai ziarah ini, forum diarahkan pada pembahasan mengenai puncak Harlah Keempat MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Waka Sarpras Aris Purnomo menyampaikan bahwasanya kegiatan kemungkinan dapat dilakukan di antara berakhirnya penilaian akhir semester dan sebelum class-meeting dimulai tetapi jika memungkinkan dapat dipercepat.

Baca Juga

FGD APRIL 2023 : CIVITAS MADRASAH GELAR BUKBER DI KEDIAMAN KEPALA MADRASAH

Ustadz Lukman sebagai moderator yang pembawaan kalem dengan sabar mengarahkan dialog untuk menemukan solusi-solusi terutama ketika peserta FGD membahas kegiatan-kegiatan di akhir semester. Pembahasan ini dimulai dari Ketua Panitia Penilaian Akhir Semester (PAT) TP. 2022-2023 Amang Philips D P, S.Sos yang dengan pengalamannya pernah menjabat waka kurikulum menguraikan segala hal terkait dengan PAT tersebut.

Kegiatan rutin berikutnya setelah PAT adalah class-meeting, Ketua Panitia Faisol Ali, S.H dibantu Rofik Hariyadi, S.Pd.I ditugasi untuk mengkonsep sekaligus menyusun kepanitiaannya. Ada beberapa masukan-masukan yang dapat menjadi rekomendasi acara, tetapi Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengharapkan class-meeting juga dijadikan ajang forum komunikasi dan kolaborasi antara manajemen madrasah melalui guru-staf dengan para siswa. Komunikasi yang dimaksud misalnya dapat berupa sosialisasi visi-misi-tujuan kelembagaan yang dikemas interaktif sehingga tidak menimbulkan kesan kaku dan dapat dipahami siswa.

Intensitas forum saling adu gagasan dalam konsep class-meeting terpaksa dihentikan untuk kemudian dilanjutkan pada forum khusus di lain waktu agar agenda lain dapat diperdengarkan seluruhnya. Moderator mempersilahkan kembali Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I untuk menjelaskan pedoman-pedoman mengenai syarat-syarat kenaikan kelas maupun kelulusan bagi siswa Kelas IX.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris LKSA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul ini secara runtut tahapan dan pedoman terkait hal tersebut. Para wali kelas semisal: Wiwin Sugianto, S.Pd, Soleh, S.Pd, dan Muhammad Rouf, S.Pd tampak menyimak dan beberapa guru lainnya yang berstatus guru baru di madrasah ini terlihat membuat catatan. Kabag TU Fathur Rosi, S.H dan Operator EMIS Hasyim Asy’ari, S.H pun bergantian menambah keterangan terutama update terbaru mengenai ketentuan kelulusan dan mutasi, sesekali mereka mewanti-wanti Sugianto dan M. Hafidi, S.H serta staf lain yang bertindak sebagai staf untuk berhati-hati dalam penulisan data siswa.

Agenda pembahasan terakhir, MATSAMA TP. 2023-2024. Progress kesiapan kegiatan ini disampaikan oleh Abdul Rozaq, S.Sos yang menyebut bahwa sudah ada beberapa narasumber eksternal madrasah yang bersedia mengisi jadwal kegiatan. Mewakili panitia, ia memohon maaf jika tata laksana dan keperluan teknis dilaporkan di forum rapat khusus, untuk saat ini yang dapat diketahui hanyalah Abdul Halim, S.H sebagai koordinator siswi putri dan M Bakiruddin, S.H menjadi koordinator siswa putra.

Menutup kegiatan FGD Edisi Mei 2023 yang bertepatan dengan Tanggal 29 Mei yaitu Hari Lahir MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd memohon maaf sepenuh hatinya atas salah dan khilaf selama kepemimpinannya empat tahun ini. Beliau mengajak seluruh yang hadir untuk menjaga dan merawat pondasi-pondasi yang telah dibangun dengan pengukuhan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional. Disematkan dalam doa yang beliau pimpin, semoga pondasi-pondasi itu mampu mengangkat prestasi-prestasi yang hendak diukir di tahun-tahun mendatang dan menjadikan civitas madrasah baik guru, staf, maupun muridnya mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *