Cov.Ied 3.0 (Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H)

Oleh: Danang Satrio P, S.Psi *)

Tiga kali sudah perayaan Hari Raya Idul Fitri dirayakan umat Islam di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga rampung.

Momen Idul Fitri (Lebaran) biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga. Namun, di tengah pandemi corona yang kini melanda hampir seluruh dunia (sebagian negara sudah mencabut status pandemi) memaksa semua orang untuk meminimalisir pertemuan tatap muka dan mengurangi mobilitas, kendati pemerintah sudah melunak terhadap larangan mudik akan tetapi merayakan Lebaran saat ini berada di kondisi new-normal.

Sejumlah protokol kesehatan tetap diberlakukan, syarat vaksinasi mutlak diperlukan untuk warga yang melakukan mudik. Hal itu dilakukan agar Indonesia segera memenuhi kondisi herd immunity.

Setelah dua tahun sebelumnya umat Islam Indonesia mengalami kegetiran pandemi Covid-19 dalam menjalankan ibadah Ramadhan hingga perayaan Lebaran, tidak dapat dipungkiri jika mentalitas umat kini semakin siap menghadapi segala problematika kebangsaan. Di depan mata, inflasi ekonomi menghantui sebagai akibat dari pandemi berkepanjangan, tampak harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi harganya secara serentak. Selain itu, konflik di belahan bumi lain antara Rusia dan Ukraina turut menyeret Indonesia yang kebetulan tahun ini ditunjuk sebagai presidium G-20 dimana Rusia merupakan salahsatu anggota penting PBB dengan hak veto yang dimilikinya.

Kekuatan persatuan umat Islam amat sangat dibutuhkan terlebih jumlah muslim Indonesia menempati peringkat pertama di dunia. Islam Indonesia dalam momentum Idul Fitri kali ini harus mampu mengulurkan tangan untuk lebih membantu menyelesaikan konflik di seluruh dunia terutama yang menyangkut hak-hak hidup kaum muslim yang negaranya dilanda konflik maupun kemiskinan. Namun sebelum itu dapat dicapai, muslim Indonesia wajib bersatu menjunjung fitrah kemanusiaan, yaitu membantu sesama tanpa memandang latar belakang apapun.

Pemaknaan Idul Fitri 1443 H diharapkan agar muslim dapat saling tolong-menolong dan mengedepankan toleransi di masa krisis seperti saat ini semoga menjadi pintu kemuliaan Islam dan ridho Allah kepada pribadi yang bertaqwa.

Selamat merayakan Idul Fitri 1443 H, semoga rahmat Allah menaungi semesta alam, aamiin.

*) Waka. Humas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Leave a Reply

Your email address will not be published.