Civitas Madrasah Berkesempatan Mengikuti Upacara Harlah Pancasila 2022

Bangsa Indonesia secara politik menganut paham Pancasila yang berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen Bangsa dan Negara Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan mengisi sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Direncanakan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 bertempat di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia dan juga akan diikuti oleh seluruh masyarakat baik itu melalui media elektronik, video conference atau on-line. Hal ini kali pertama pemerintah melangsungkan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di luar Ibu Kota Jakarta.

Dilansir dari laman situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, selain upacara akan ada Napak Tilas Soekarno (selama pengasingannya di Ende), Parade Pesona Kebangsaan, Pameran Ekonomi Kreatif, Simposium Pancasila, dan renungan-renungan.

Melalui keterangan Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi, MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid turut serta mengikuti jalannya upacara peringatan tersebut via video conference (zoom) dengan melibatkan siswa dan dipimpin oleh guru PPKn Abdul Gofur, S.E. Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mempersilahkan diadakannya Upacara Harlah Pancasila via video conference ini sebagai bentuk penanaman budi pekerti dan cinta tanah air. Bahkan beliau menyarankan agar setiap Tanggal 1 Juni semua guru memberikan tugas maupun pelajaran terkait dengan Pancasila.

“Alhamdulillah madrasah kita diundang oleh BPIP untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, selepas upacara nanti monggo Guru PPKn memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan guru lainnya silahkan berikan tugas di kelasnya masing-masing terkait dengan Pancasila” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *