Bulan Kemerdekaan 2021

Oleh : Danang Satrio Priyono, S.Psi *)

Bangsa Indonesia setiap Bulan Agustus merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Bulan ini biasa disebut sebagai bulan kemerdekaan.

HUT ke-76 RI kali ini mengangkat tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Guna menyemarakkan Peringatan HUT RI, sejak 2017 pemerintah telah menginisiasi Bulan Kemerdekaan, yang meliputi acara pokok kenegaraan, berbagai acara festival, serta kegiatan bernuansa khidmat seperti dzikir dan Doa Kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka di bulan kemerdekaan.

“Setiap tahun kegiatan yang sifatnya festival itu berbeda-beda, yang sama itu adalah doa kebangsaan, yang sama lagi adalah ceremonial kenegaraan, misalnya pengukuhan paskibraka, penganugerahan tanda kehormatan, pidato kenegaraan, upacara peringatan detik-detik proklamasi, upacara penurunan bendera merah-putih, serta kegiatan pendukung lainnya,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dilansir dari laman website Kominfo.

Mensesneg menyatakan peringatan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID 19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Baca juga : MERDEKA MELAWAN COVID-19 | HUT RI KE-76

“Tahun 2020 lalu kita kan juga sudah masuk di era pandemi Covid-19, waktu itu upacara peringatan detik-detik proklamasi maupun upacara penurunan bendera sudah dilakukan secara minimal. Yang hadir secara fisik sudah sangat minimal, petugas upacaranya juga sangat minimal, masyarakat yang diundang juga diundang secara daring,” ujarnya.

Kemeriahan bulan kemerdekaan tahun ini akan berpindah ke platform-platform digital. Berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru, namun yang terpenting memutus penularan Covid-19. Pada tahun ini, suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir sebagai ruang bertemunya kemajuan teknologi digital dengan semangat nasionalisme sebagai bangsa yang tangguh dan terus bertumbuh, untuk melampaui batas-batas fisik yang ada. Dengan semangat kebersamaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan secara virtual, RDI menjadi salah-satu bukti bahwa bangsa Indonesia mampu dan berdaya secara digital.

DI RDI nantinya akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukkan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang kesemuanya dikemas secara digital.

“Arenanya digital, jadi semangat kemeriahan hidup merdeka tetap sama, hanya kali ini ruangnya berbeda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama. Berusaha berkontribusi untuk kemajuan dan kemanusiaan tetap sama, tetapi arenanya memang akan banyak digeser ke arena virtual,” pungkas Pratikno.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid turut memeriahkan dan mengisi bulan kemerdekaan di ruang-ruang digital. Selama bulan kemerdekaan, kami berencana mengisi website dengan tulisan-tulisan bertemakan tentang kemerdekaan dan budaya Bangsa Indonesia. Hal itu merupakan hadiah kecil dan bentuk syukur kami atas kemerdekaan yang diperoleh bangsa ini.

~ Jikalau ada dari pembaca budiman yang menginginkan tulisannya dimuat di website ini, silahkan kirimkan melalui email, salam merdeka berpikir!!

*) Waka. Humas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *