Belajar Kewirausahaan dan Entrepreneurship ke Sidogiri Bersama Pengurus PPMU BAKID

Ikhtiar Pengurus Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul dalam rangka penguatan sistem tata kelola dan manajemen pengembangan lembaga pendidikan yang kuat di era digital terus dilakukan.

Setelah berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo pada pertengahan November kemarin, hari ini Ahad (28/11/21) Kepala madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd dan dua guru MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid (Fathur Rahman, S.Pd.I. – Abdur Rohman, S.Pd) bersama Pengurus Yayasan yang terdiri dari pengawas, pengurus harian, kepala bidang, pengurus pesantren dan pengurus bidang sosial, ekonomi dan kemudian berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur.

Baca Juga :

BERSAMA YAYASAN, KEPALA MADRASAH IKUT SILATURRAHIM KE PP. NURUL JADID PAITON

Rombongan tiba di Pesantren Sidogiri pasa pukul 11.30 WIB. Usai melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah, beberapa perwakilan pengurus menyempatkan diri untuk sowan ke Pengasuh Sidogiri KH. Fuad Nurhasan bin Nawawi. Pada kesempatan tersebut KH. Fuad sangat mendorong pesantren-pesantren untuk membuka dunia usaha dalam rangka membangun kemandirian ekonomi pesantren.

Setelah itu rombongan langsung menuju kantor pusat Kopontren Sidogiri untuk melakukan kegiatan yang telah diagendan bersama. Rombongan diterima oleh sekretaris Kopontren Sidogiri Ustadz Munjil Anam dan stafnya di ruang rapat terbatas di lantai 2.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang menyampaikan tujuan utama silaturrahim tersebut. “Makshudul A’dzam (tujuan utama) silaturrahim ini adalah kami ingin belajar dari Kesuksesan Sidogiri dalam pengelolaan lembaga khususnya di Bidang Pengembangan Ekonomi.” ucap H. Maksum, S..Ag.

“Tidak hanya menjaga ketersambungan sanad keilmuan. Tapi kami juga akan menyambung sanad dalam pengembangan ekonomi ke Sidogiri. Lebih-lebih Masyayikh kami adalah alumni Sidogiri.” imbuh Bendahara PCNU Kabupaten Lumajang ini.

“Ingin meniru keberhasilan Sidogiri dalam pengembangan dan kemandirian ekonomi pesantren. Di samping menimba ilmu, barangkali ada hal yang bisa dikerjasamakan dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.” pungkasnya

Sementara itu Ustadz Munjil Anam selaku Sekretaris Kopontren Sidogiri menyampaikan terimakasih kepada pengurus Pondok Pesantren Banyuputih Kidul atas kepercayaan kepada Sidogiri. Sidogiri sangat welcome jika ada pesantren yang ingin sharing tentang pengembangan ekonomi pesantren. Karena ini bagian dari misi Kopontren Sidogiri.

“Visi misi Kopontren Sidogiri adalah berbagi dan bekerjasama dengan pesantren yang ingin mengembangkan ekonomi.” terangnya

Jika ada pesantren ingin belajar dari Sidogiri dalam kemandirian ekonomi pesantren, maka kami mendapatkan amunisi baru paling tidak, bisa menjadi satu barisan dalam menghadapi tantangan dan gempuran toko-toko ritel modern yang saat ini menguasai Indonesia.

Setelah itu, pria berkacamata ini menjelaskan sejarah dan latar belakang berdirinya kopontren Sidogiri. Tahtangan dam jatuh bangun kopontren pun tak lepas di sampaikan hingga Kopontren Sidogiri berdiri kokoh seperti sekarang ini.

Sekilas Informasi, Kopontren Sidogiri saat ini memiliki beberapa anak perusahaan yang berbentuk PT yaitu PT. Sidogiri Mitra Utama, PT. Sidogiri Mandiri Utama. PT. Sidogiri Pandu Utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.