Awali Tahun 2021/2022, MTs. Miftahul Ulum 2 Gelar Review dan Evaluasi Visi Misi Madrasah

Mengawali Tahun Pelajaran 2021/2022, MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang menggelar Rapat Evaluasi, Review dan Pengembangan Visi Misi dan Tujuan Madrasah, Senin (19/07/20). Rapat yang dilaksanakan di Gedung Aula Pesantren tersebut dihadiri oleh Pengurus Yayasan, Kepala Bidang Pendidikan, pengawas madrasah, anggota komite madrasah, unsur wali murid, pengurus IKSABA, tokoh masyarakat, para pimpinan dan Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Rapat yang dimulai jam 08.00 wib tersebut dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Miftahul Ulum, H. Maksum, S.Ag. Dalam sambutan dan arahannya, pengurus PCNU Kabupaten Lumajang ini menyampaikan perlunya evaluasi kelembagaan secara komprehensif agar lebih baik dari sebelumnya. Lembaga harus memiliki orientasi jauh ke depan. Lembaga juga harus mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman namun tidak tercerabut dari nilai-nilai kearifan lokal dan budaya bangsa Indonesia yang santun, gotong royong dan religius.

Sementara itu, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd saat memimpin rapat memaparkan Visi, Misi dan Tujuan Madrasah untuk tahun sebelumnya sembari mengharap koreksi, masukan dan kritikan jika ada yang tidak/kurang relevan dengan kondisi masa kini. Setelah pemaparan kepala madrasah, para peserta pun menyampakaikan beberapa usulan dan masukan agar visi misi dan tujuan madrasah yang intinya menharapkan agar visi misi madrasah harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Berikut ini beberapa usulan dari peserta rapat:

H. Sholeh Ardiansyah (Wakil Ketua Yayasan ) : Mengusulkan perlunya penguatan akidah ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah untuk membentengi aliran-aliran dan gerakan transnasional yang membawa ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI.

Drs. Moch. Nasir, MP.Fis (Kabid. Pendidikan) : Mengusulkan visi-misi madrasah tidak hanya berprestasi di bidang keagamaan tetapi juga berprestasi di bidang ilmu umum sains, metematika serta pengembangan budaya litrerasi numerasi berbasis digital.

Dr. H. Zainuddin, M.Pd.I (Ketua Komite) : Visi Madrasah harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai namun tidak meninggalkan budaya kepesantrenan. Di samping itu, madrasah diharapkan menerapkan manajemen berbasis madrasah dan TQM dengan melibatkan seluruh steakholder madrasah.

H. Ali Husnan, S.Pd (Direktur Madrasah Diniyah) : Menyarankan agar visi, misi dan tujuan madrasah dapat mendukung program madrasah diniyah dengan menambah memperkuat dan mengembangkan Muatan Lokal yang menjadi ciri khas pesantren yaitu Bimbingan Baca Kitab Kuning.

Drs. Achmad Junaedi,, M.M (Pengawas Madrasah) : Perlu penguatan dan intergrasi dengan perubahan masa kini serta mengembangan manajemen budaya mutu secara total dan maksimal.

H. Salim Bawafi (Ketua Umum IKSABA) : Mengususlkan agar Visi dan Misi Madrasah harus lebih baik dan lebih meningkat dari yang sebelumnya serta menekannya pentingnya penguatan dan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah dengan keteladanan para pengelola, guru dan orang tua.

KH. Moch. Taufiq Syam (Wali Murid) : Visi Madrasah harus memiliki rorientasi pada masa depan, untuk jangka waktu yang lama dengan mengintergrasikan wawasan kebangsaan dan ke-Islam-an Rahmatan Lil Alamin.

Setelah melalui beberapa diskusi panjang dari semua peserta dan undangan, maka peserat rapat merekomendasikan rumusan visi misi dan tujuan madrasah tahun 2021/2022 sebagai berikut.

REKOMENDASI RUMUSAN VISI-MISI DAN TUJUAN MADRASAH TAHUN 2021/2022

  • Visi

Terwujudnya Generasi Muslim Yang Unggul Dalam IMTAQ, IPTEK, dan Akhlak Al-Karimah Dengan Berlandaskan Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah

Misi

  1. Mewujudkan lingkungan madrasah yang suci bersih, sehat, nyaman dan religius.
  2. Menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai IMTAQ dan AKHLAK AL-KARIMAH melalui pemahaman, pembiasaan, pengamalan dan keteladanan di lingkungan madrasah dengan berlandaskan akidah ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang efektif untuk menumbuh kembangkan potensi dan kepribadian peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  4. Melaksanakan proses pembelajaran inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang berorientasi pada Student Active Learning dan Semangat Keunggulan Akademik dan Non Akademik;
  5. Melaksanakan 5 nilai budaya kerja madrasah (integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan)

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah dan praktik amaliah keagamaan warga madrasah
  2. Menciptakan lingkungan madrasah yang Islami, berbudaya dan berakhlakul karimah sesuai dengan tuntunan agama Islam dengan berlandaskan akidah ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan IPTEK serta keterampilan sehingga bisa hidup mandiri.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana-prasarana madrasah berstandar nasional untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik.
  5. Menyiapkan peserta didik untuk masuk madrasah/sekolah unggulan.
  6. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme pendidik dan karyawan madrasah.
  7. Menerapkan manajemen berbasis madrasah dan TQM dengan melibatkan seluruh steakholder madrasah.

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh KH. Taufiq Syam, M.Pd selaku Rais Syuriah MWC NU dan Ketua MUI Kecamatan Sumberbaru Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *