Artikel Kepala Madrasah Terbit di Sirajuddin Journal: The Journal of Islamic Education Studies and Research

Lembaga madrasah yang selama ini dipersepsikan kolot dan kaku jika dibandingkan sekolah umum berangsur-angsur memudar dengan adanya pembudayaan gerakan literasi baik itu dari kalangan pendidik maupun dari peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul dalam event Madrasah Young Researchers (MYRES) di Tahun 2021 dan dipastikan juga Tahun 2022 kembali mengirimkan proposal penelitian.

Kegiatan membudayakan gerakan literasi terus digalakkan oleh Kepala Madrasah sebagai salah satu bentuk ikhtiar pengembangan madrasah yang dipimpinnya. Selain mendorong para guru, TU dan siswa aktif menulis, kepala madrasah juga berhasil menulis jurnal. Walhamdulillah di bulan Juni 2022, Jurnal Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd yang berjudul “Pengembangan Madrasah Berbasis Literasi (Pendampingan Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di MTs.Miftahul Ulum 2) berhasil tembus dan terbit di salah satu jurnal penelitian milik Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Jatiroto Lumajang yakni Sirojuddin: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Pendidikan Islam (Sirajuddin: Research Journal and Islamic Education Studies) yang telah memiliki ISSN E-ISSN: 2809-6134 dan P-ISSN: 2809-6606

Menurutnya, sebagai pimpinan dirinya merasa malu jika hanya bisa memberi perintah dan himbauan tanpa memberikan contoh. “Jujur saja, sebagai pimpinan saya sangat malu jika hanya dapat memberikan perintah tanpa memberikan contoh konkrit” cetus kepala madrasah yang akrab disapa Ustadz Sahroni.

“Jurnal ini anggap saja laporan manajemen madrasah dan yang lebih penting saya berharap adanya jurnal ini mampu memotivasi guru-guru MTs. Miftahul Ulum 2 agar ikut menerbitkan jurnal. Syukur Alhamdulillah STISMU berkenan berkolaborasi untuk bertukar gagasan dan menampung serta menerbitkan jurnal” lebih lanjut Ustadz Sahroni menjelaskan.

Farhanuddin Sholeh, M.Pd.I selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik STIS Miftahul Ulum Lumajang menyambut baik dan mengapresiasi adanya kepala madrasah di lingkungan Yayasan Miftahul Ulum Lumajang yang menulis jurnal. “Kami sangat senang sekali ada dari kalangan kepala madrasah yang memiliki minat untuk menulis jurnal, Ustadz Sahroni sebagai kepala madrasah kebetulan mengawali sehingga guru-guru di bawah kepemimpinannya semoga dapat mengikuti jejak beliau. STISMU siap menjadi wadah untuk menerbitkan jurnal-jurnal para akademisi yang berada di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum” pungkas Farhanuddin.

Jurnal Sirojuddin Vol. 2 No. 1 (2022): Sirajuddin Juni 2022 dapat diakses melalui https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin. Link Jurnal Kepala Madrasah bisa diakses : https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/565

Leave a Reply

Your email address will not be published.