2 Hari : Tim Asesor BAN S/M Jatim Gelar Visitasi Akreditasi di MTs. Miftahul Ulum 2

Akreditasi MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul secara resmi digelar pada tanggal 8-9 Agustus 2022. Bertindak sebagai Asesor I Dra. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Asesor II Dra. Endang Widiati, M.Pd yang ditunjuk oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan diawali penyambutan kedua asesor oleh civitas madrasah kemudian diarahkan menuju ruang yang telah disediakan panitia akreditasi. Master of ceremony Abdurrahman, S.Pd. membacakan susunan acara agar seluruh pihak dapat memaksimalkan waktu selama kegiatan berlangsung.

Sebelum sambutan, peserta di ruangan diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan sambutan dari kedua asesor. Dra. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag selaku ketua asesor menyampaikan kepada civitas madrasah agar tidak perlu tegang dan menyampaikan bahwa tujuan dari visitasi ini untuk memvalidasi data-data yang telah diunggah sebelumnya. Karena dari data yang terunggah tersebut menurut Ibunda Nyai (sapaan akrab Asesor I) memperlihatkan ada primadona madrasah baru di pesisir selatan Jawa Timur, oleh karenanya visitasi yang menekankan telaah dokumen, observasi, dan wawancara perlu dilakukan.

Dra. Endang Widiati, M.Pd selaku Asesor II dalam sambutannya menyebut bahwa jika selama proses visitasi nanti ada temuan-temuan khususnya untuk perbaikan lembaga mohon segera diperbaiki. Menurut hemat beliau yang mewakili Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Provinsi Jawa Timur ini bahwa visitasi juga merupakan media perbaikan lembaga penyelenggara pendidikan, wajar kemudian lembaga pendidikan yang tupoksinya melayani masyarakat harus senantiasa prima dan profesional serta mampu bersinergi dengan perubahan-perubahan zaman.

Sambutan berikutnya, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd mengawali dengan ucapan terimakasih karena diperkenankan mengikuti akreditasi di tahun ini dan dilanjutkan paparan singkat mengenai program madrasah selama tiga tahun sejak didirikan. Salah satu program madrasah yaitu pembudayaan literasi yang berhasil menelurkan karya buku mendapatkan perhatian khusus oleh kedua asesor, bahkan keduanya meminta buku karya tersebut sebagai buah tangan agar dapat memotivasi sekolah lain untuk turut menggalakan budaya literasi.

Tidak hanya itu, kepala madrasah menunjukkan prestasi-prestasi yang dicapai oleh civitas madrasah baik oleh peserta didik maupun oleh pendidik, baik itu di bidang akademik maupun non-akademik dalam rentang waktu tiga tahun. Dan mengakhiri sambutannya dengan harapan-harapan di masa depan agar madrasah yang dipimpinnya ini dapat melayani masyarakat secara profesional, transparan, dan akuntabel, serta dapat mencetak generasi bangsa yang unggul dalam imtaq, iptek dan berakhlak baik.

Setelah beramah-tamah sejenak, kemudian kedua Asesor membagi tugas untuk mewawancarai perwakilan komite madrasah dan perwakilan wali murid sekaligus tokoh masyarakat. Asesor I bertugas mewawancarai Ketua Komite Madrasah Dr. H. Zainuddin, M.Pd.I dan Asesor II mewawancarai KH. M. Taufiq Syam, M.Pd selaku perwakilan wali murid sekaligus tokoh masyarakat. KH. M. Taufiq Syam, M.Pd merupakan Rais Syuriah MWC NU Kec. Sumberbaru, Kab. Jember dan juga menjabat sebagai Ketua MUI Kec Sumberbaru, Kab. Jember.

Wawancara kedua narasumber dilanjutkan oleh Asesor II, sedangkan Asesor I beranjak mengobservasi seluruh bagian madrasah terkait sarana prasarana (sarpras) maupun hal lainnya sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar. Menurut keterangan Waka Sarpras Aris Purnomo, S.Pd, Asesor I melihat kekurangan dan kelebihan sarana prasarana secara mendetail dan memaparkan temuannya seketika itu juga agar dapat menjadi bahan evaluasi madrasah. Tidak hanya sarpras, observasi program-program dan kegiatan kesiswaan turut mendapat perhatian asesor.

Setelah beristirahat dan sholat, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara narasumber yang berasal dari kepala madrasah (Sahroni, S.Pd.I, M.Pd), Kabag Tata Usaha (M. Fathur Rozi, S.H), bendahara (M. Kawakib Nurul J, S.H), waka kurikulum (Amang Philips Dayeng P, S.Sos), waka kesiswaan (Zainul Arifin, S.H), waka sarpras (Aris Purnomo, S.Pd), dan waka humas (Danang Satrio P, S.Psi). Bergiliran menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kedua asesor, bahkan tak jarang asesor meminta narasumber untuk mengutarakan pernyataan yang tujuannya untuk memvalidasi jawaban dari pertanyaan sebelumnya maupun validasi telaah dokumen yang dipaparkan.

Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB ini diakhiri pada pukul 16.00 WIB. Selanjutnya akan dilanjutkan esok hari dengan agenda visitasi yang berasal dari narasumber lain, yaitu pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.