10 Muharram 1445 H, Civitas Madrasah Ikut Santuni Santri Yatim

Jum’at (28/07/2023), tenaga kependidikan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid mengikuti satu agenda rutin diselenggarakan setiap Tanggal 10 Muharram di lingkungan PP Miftahul Ulum Bakid, yaitu memberikan santunan kepada santri-santri yatim dhuafa dan anak-anak yatim di sekitar pesantren tersebut.

Kegiatan ini terselenggara hasil dari kerjasama Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Miftahul Ulum dan Yayasan Miftahul Ulum berikut lembaga-lembaga di bawah naungannya. Ketua LKSA Husen, S.Pd.I yang juga Waka Kurikulum MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid menyebut bahwa ada empat puluh satu anak yatim-dhuafa dan dana santunan yang diserahkan sejumlah tiga puluh enam juta rupiah serta bingkisan berisi sandangan.

Ustadz Husen seorang pengampu Mapel Aswaja saat ditanya tim redaksi madrasah tentang bagaimana perasaannya dapat membantu anak-anak ini mengaku bahwa yang dirinya lakukan tidak berarti tanpa bantuan rekan-rekan dari lintas lembaga, “Saya bukanlah siapa-siapa, teman-teman di LKSA dan di lembaga-lembaga yang ada di pesantren-lah yang lebih banyak berperan. Saya berharap yang kami lakukan ini dapat bermanfaat untuk masa depan mereka dan terimakasih kepada para donatur tanpa terkecuali, semoga Allah meridhoi langkah ibadah sosial ini”.

Diketahui dari keterangan Ketua LKSA, selain memberikan santunan, momen ini turut pula menyelenggarakan khitanan massal bagi santri dan putra-putra warga di sekitar pesantren. Penyelenggaraan khitan yang pada tahun ini melibatkan lima belas anak dipasrahkan kepada Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Miftahul Ulum yang bekerjasama dengan Rumah Khitan Canggih Paiton.

Masih menurut Ustadz Husen, khitan massal tiap 10 Muharram ini diselenggarakan pertama kali sejak Tahun 2017, yaitu sejak Poskestren dipimpin Fathurrahman, S.Pd yang kini menjabat pimpinan manajemen Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Miftahul Ulum dan mengabdi menjadi Guru Bahasa Arab di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *