Bangun Jiwa Kepemimpinan, UKM dan Struktur Kelas Ikuti LDK Bersama

Sebanyak 20 siswa MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang bersama 60 siswa MA. Miftahul Ulum mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang biasa disingkat dengan LDK yang dilaksanakan di Gedung Aula Miftahul Ulum, Senin(11/01/21). Kedua puluh siswa tersebut merupakan pengurus Usaha Kesehatan Madrasah (UKM) dan pengurus masing-masing kelas 7 dan 8.

Kegiatan LDK direncanakan akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut hingga Rabu 13 Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan salah satu program tindak lanjut MoU MTs. Miftahul Ulum 2 dan Poskestren Miftahul Ulum usai melantik pengurus UKM beberapa bulan yang lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan membangun jiwa kepemimpinan dan leadership pengurus Usaha Kesehatan Madarasah (UKM), sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsi serta bertanggung jawab dalam menjalankan roda organisasi yang diembannya dalam rangka mewujudkan budaya bersih dan sehat di lingkungan madrasah.

“Kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada para siswa khususnya pengurus UKM dan pengurus kelas dalam membangun jiwa kepemimpinan, percaya diri, tanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan tugas masing-masing terutama dalam mewujudkan budaya madrasah yang bersih dan sehat.” jelas kepala MTs. Miftahul Ulum 2, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd.

Mantan kepala Perpustakaan Miftahul Ulum ini juga menyampaikan bahwa kegiatan LDK ini merupakan bagian dari salah satu ikhtiar dan program kerja madrasah untuk mengembangkan seluruh potensi dan meningkatkan SDM warga madrasah khususnya peserta didik sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah.

“Kami akan terus berikhtiar untuk memberikan bekal yang terbaik kepada seluruh siswa. Tidak hanya sekedar ilmu pengetahuan semata tetapi juga soft skill bahkan juga life skill sesuai dengan tuntutan zaman saat ini.. Tentu semuanya harus diimbangi dan didasari IMTAQ dan akhlak al-karimah” imbuhnya

Sementara itu, Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah dalam sambutan dan materinya berharap kepara peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, agar setelah mengikuti kegiatan LDK ini mampu menjadi iinspirator, inovator, inisiator, aktivator, motivator dan implementator bagi yang lain.

Materi yang diberikan antara lain : kepemimpinan yang mencakup pembentukan mental maupun kecakapan fisik; materi kesiswaan, dasar-dasar kepemimpinan, PPGD, Keterampilan pengelolaan sampah, perumusan perencanaan program kerja, PBB dan TUB.

Para peserta tampak semangat dan antusias mengikuti kegiatan LDK tersebut. Pasalnya kegiatan tidak hanya penyampaian materi an sich tetapi juga diselingi dengan permainan-permainan dan game-game yang seru. Bahkan kegiatan tidak hanya di dalam ruangan saja. Sesekali para narasumber dan pendamping peserta menyampaikan materinya di out door.

Salah satu peserta dari MTs Miftahul Ulum 2, Moch. Dzulhilmi Adddin mengungkapkan rasa senangnya karena bisa mengikuti kegiatan tersebut. Menurut siswa yang sedang duduk dibangku kelas 8 ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan peserta yang lain karena banyak ilmu yang didapatkan, ditambah lagi banyak game-game seru.

“Senang sekali bisa ikut ini, karena dapat banyak ilmu dan banyak game yang asyik dan menyenangkan” ujarnya

Video Dokumentasi Kegiatan LDK Pengurus UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published.