Oleh : Tim Humas MTs. Miftahul Ulum 2
Banyak sekali kisah indah dan drama mewarnai perjalanan kinerja MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Mulai dari naik-turunnya performa tenaga kependidikan hingga capaian prestasi warga madrasah mewarnai perjalanan sepanjang 2022. Satu hal yang patut disyukuri adalah kolaborasi antara manajemen dengan tenaga kependidikan dan siswa, antara tenaga kependidikan dengan siswa, dan antar siswa, serta manajemen dengan pihak eksternal lebih produktif mencetak karya baik itu prestasi maupun budaya baik di lingkungan madrasah.
Dalam forum rapat kerja tahunan dan forum ngobrol pintar edukasi kemarin, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd juga menekankan civitas madrasah harus berupaya untuk berprestasi, amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif agar mampu berdaya saing memberikan pelayanan kependidikan kepada masyarakat. Selain mengapresiasi kinerja civitas madrasah, beliau juga menginstruksikan kepada koleganya yaitu para guru maupun staf untuk tetap meningkatkan kompetensi, “meskipun lembaga kita dinilai unggul dalam akreditasi madrasah bukan berarti saat ini kita berada di zona nyaman. Kita harus tetap dapat menambah kompetensi dan wawasan mengingat perubahan zaman yang dinamis sehingga mampu merealisasikan rencana kedepan. Saya mengajak rekan-rekan di Tahun 2023 dapat lebih aktif dan produktif berkontribusi untuk kemajuan lembaga”.
Hasyim Asy’ari, S.H selaku pengurus administrasi harian madrasah menyebutkan bahwa kinerja yang dibidanginya tidak memiliki kendala berarti karena adanya kolaborasi antar tim maupun antar wali kelas. Menurutnya, teknis pekerjaan yang dihadapi timnya lebih bersifat pengelolaan administratif dengan data siswa yang berjumlah kurang lebih mencapai seribuan siswa. Meskipun masuk dalam kategori jumlah siswa madrasah tsanawiyah terbesar di Kab. Lumajang, proses manajemen dapat diatasi dengan adanya sistem yang terus diperbaiki dalam hal tata laksana. Sedangkan dalam proses administrasi guru terkait dengan aplikasi yang dijalankan pemerintah, manajemen menugaskan Abdul Hamid, S.Pd sebagai administrator yang dengan kemampuannya dapat berkontribusi mengefektifkan kinerja manajemen madrasah.
Baca Juga
MANIFESTO PERAN BENDAHARA
Dalam hal transparansi pengelolaan keuangan madrasah, Kawakib Nurul Jinan, S.H menyampaikan bahwa pelaporan kinerja keuangan sesuai dengan standar akuntabilitas yang bersih, tertib, dan rapi sesuai dengan sistem yang ditetapkan oleh kementerian terkait. Dirinya juga meminta maaf jika dalam menjalankan tugas sebagai bendahara madrasah diakuinya masih banyak kesalahan dan miskomunikasi.
Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I yang membidangi kurikulum madrasah dalam refleksinya menghimbau dewan wali kelas, guru, dan tenaga tata usaha agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan tanggung jawab sebagai pengabdi pendidikan. Meskipun tugas-tugas administratif sebelumnya menjadi kendala tetapi ia dan jajarannya di Tahun 2023 berupaya untuk senantiasa mengevaluasi program-program agar lebih efektif dijalankan agar bertautan dengan kemampuan siswa meraih prestasi belajar.
Di bidang sarana-prasarana yang dikomandani oleh Aris Purnomo, S.Pd banyak perbaikan, perubahan, maupun penambahan sarpras di lingkungan madrasah diharapkan dapat menyokong proses pembelajaran. Guru Bahasa Indonesia ini juga mengakui bahwa sepanjang 2022 belum dapat berkontribusi maksimal dalam gerakan literasi dikarenakan fokusnya teralihkan pada tugasnya sebagai waka sarpras. Meskipun demikian, di Tahun 2023, ia dan guru-guru Bahasa Indonesia lainnya telah menyusun program dengan pemanfaatan laboratorium multimedia agar pembelajaran lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Sejalan dengan hal tersebut, Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H selama setahun kedepan akan berusaha merealisasikan program-program ekstrakurikuler yang belum optimal dan jika memungkinkan akan menambah guru pendamping agar siswa-siswi meraih prestasi dengan bakat-bakatnya. Catatan evaluasinya, bidang kesiswaan mengalami banyak kendala karena lemahnya komunikasi dengan wali kelas dan padatnya jadwal pembelajaran intrakurikuler.
Sedangkan di bidang hubungan masyarakat madrasah (humas), Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi tetap mempertahankan bentuk penyajian melalui website dan media sosial mengenai apa saja yang terjadi di madrasah. Menurutnya, selain sebagai media membangun citra madrasah, komunikasi menggunakan teknologi informasi dengan pihak eksternal sangatlah penting untuk menciptakan kepercayaan publik. Perencanaan yang dirapatkan pada rapat kerja sebelumnya disebutkan bahwa multimedia madrasah tidak hanya untuk menunjang pembelajaran tetapi juga agar bidang kehumasan lebih interaktif menyajikan informasi seputar madrasah.
Terakhir, refleksi bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh konselor madrasah Abdul Rozaq, S.Sos. Dirinya (BK), wali kelas, guru-staf, dan para waka serta pihak Yayasan Miftahul Ulum selaku naungan MTs. Miftahul Ulum 2 telah menyepakati upaya-upaya untuk mencari solusi bersama terkait temuan-temuan indisipliner, kenakalan remaja, dan penurunan motivasi belajar yang mungkin terjadi di masa mendatang. Menurutnya, untuk menyikapi dinamika psikologis siswa dibutuhkan waktu agar analisa (psikodiagnostik) tidak bias dan bagi subyek (siswa) sangat butuh dukungan sosial dari berbagai pihak yang ditemuinya sehari-hari.
Dengan paparan bidang-bidang tersebut, mewakili civitas madrasah, kami mengharapkan dukungan doa agar ikhtiar yang telah direncanakan dan akan kami realisasikan membuahkan inovasi, baik itu untuk pendidikan Indonesia secara umum dan khususnya untuk pelayanan di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.
Atasnama civitas madrasah, kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2023, semoga kita semua diberikan kebugaran badan, kebersihan jiwa, ketenangan berpikir, dan istiqomah berbuat kebaikan sepanjang tahun, aamiin.