MATSAMA TP. 2023-2024 Hari Ke-2: Anggota DPRD Lumajang Sampaikan Materi Anti Diskriminatif dan Bullying

Hari kedua MATSAMA di lingkungan civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid pihak panitia mengangkat materi “Anti Diskriminatif Dan Bullying” di sesi pertama. Diketahui narasumber untuk siswa putra yaitu Bapak Sahrul Hidayatullah, M.H dan untuk siswi putri diisi oleh Bapak Usman Afandi, S.Pd.

Paparan materi banyak menjelaskan tentang bagaimana sikap dan peranan seorang siswa madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Bapak Sahrul yang seorang dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang menyebut bahwa untuk menciptakan kondisi ideal pembelajaran dibutuhkan peranan setiap individu, tidak hanya pada tenaga kependidikan, lebih-lebih para siswa.

Dengan setiap siswa bekerja sama menjaga kondisi yang nyaman, misalnya contoh terkecil bekerja sama merawat apa yang ada di kelasnya masing-masing, maka diskriminasi dan perundungan dapat dicegah. Ustadz Sahrul biasa beliau disapa menyarankan tindakan preventif lebih diutamakan, yaitu dengan saling menjaga diri dan menahan diri jika ada kejadian kondisional, serta adanya keterbukaan komunikasi antar siswa dengan pihak lembaga madrasah perlu dibina secara berkelanjutan.

Anggota DPRD Kab. Lumajang Bapak Usman yang juga sebagai narasumber pun mewanti-wanti bahwa diskriminasi dan perundungan merupakan awal dari petaka di lembaga maupun persatuan di masyarakat pada umumnya. Sikap saling toleran dan menjaga komunikasi yang baik adalah salah satu cara merawat keharmonisan sehingga menciptakan tenggang rasa dan persatuan.

Beliau berpesan agar setiap siswa dapat menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat, yaitu dengan saling menjaga dan saling berempati. Jika hal itu terpelihara maka lingkungan madrasah akan aman dan nyaman serta menyenangkan untuk belajar.

Di sesi kedua setelah jeda ice breaking, panitia mengenalkan program-program madrasah yang dikelompokkan pada klub-klub ekstrakurikuler, diantaranya: Klub Matematika akan difokuskan pada peserta didik yang memiliki bakat dan peminatan di bidang aritmatika, pengampu ekskul ini adalah Muhammad Ismail, S.Pd;

Klub Sains fokus pada ilmu terapan, yaitu teknologi terapan dengan memanfaatkan software komputer dan artificial intelligence, diampu oleh Abdul Rozaq, S.Sos. Ilmu terapan lainnya adalah pengetahuan alam yang diampu oleh Amang Philips Dayeng P, S.Sos yang dalam kegiatannya peserta didik diajak untuk melakukan eksperimen-eksperimen sederhana. Selain ilmu terapan, di klub sains ini juga ada karya ilmiah remaja (KIR) diampu oleh Zainal, M.Pd yang mengajarkan pembuatan karya tulis ilmiah;

Klub Bahasa di program ekstrakurikuler madrasah dibagi menjadi tiga bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia diampu Aris Purnomo, S.Pd dan dibantu guru Mapel Bahasa Indonesia lainnya, Bahasa Inggris diampu Muhammad Rouf, S.Pd dan dibantu guru Mapel Bahasa Inggris lainnya, sedangkan Bahasa Arab diampu A Hafidz Abdullah, M.Pd dan dibantu guru Mapel Bahasa Arab lainnya. Selain ketiga ekskul bahasa tersebut, ekskul literasi yang diampu Danang Satrio P, S.Psi dibantu Rofik Hariyadi, S.Pd & Abdul Halim, S.H juga masuk ke dalam klub ini. Pada literasi, peserta didik diajak untuk membedah buku dan membuat karya yang dapat dibukukan, baik itu tematik, puisi, cerpen, dan novel;

Pada Klub Humaniora yang diampu oleh Abdul Hamid, S.Pd peserta didik diajarkan bagaimana caranya mengobservasi fenomena sosial, ekonomi, politik, ketahanan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini selain melatih daya critical thinking juga membantu mereka fokus pada problem solving. Kemampuan yang dimiliki peserta didik juga akan diarahkan untuk dapat membuat suatu karya tulis ilmiah;

Klub Seni terdiri dari: Seni Kaligrafi diampu M Afif Umri, S.H., Seni Musik Al-Banjari diampu Muhammad Ruski, S.H., Seni Pidato diampu Hamzah Maulana R, S.H., Tahfid & Tilawah diampu Bakiruddin, S.H & Sugianto, S.H.;

Klub Olahraga ditujukan untuk mengelola bakat dan minat siswa di bidang olahraga sekaligus ajang pencarian bakal atlet yang akan berkompetisi di event PORSENI misalnya. Klub ini dikoordinir oleh Mahrus Sholeh, S.H dibantu tenaga kependidikan lain yang dinilai cakap di bidang olahraga yang umumnya dilombakan di PORSENI.

Terakhir ada Klub Multimedia yang diampu Zainul Arifin, S.H. Di bidang multimedia ini peserta didik diajarkan bagaimana cara memproduksi video grafis dan desain grafis. Selain ada Ustadz Zainul beserta timnya di Bakid Multimedia yang dengan terbuka mengajari siswa, ada M Faisol Ali, S.H., M Hasyim Asy’ari, S.H dan lainnya turut membantu ekskul ini dalam hal desain grafis.

Di hari kedua ini tepatnya pada sesi pengenalan ekskul setiap siswa terlihat mendekati stand masing-masing ekskul, baik itu untuk mencari tahu “isi” ekskul ada pula yang mendaftar. Menurut panitia, pada sesi ini sengaja dikonsep seperti model expo umumnya, tiap stand ekskul ada pembina yang menjelaskan dan ada anggota klub presentasi dengan atraktif yang terdiri dari siswa Kelas VIII maupun Kelas IX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *