Wujudkan Budaya Bersih dan Sehat di Madrasah, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Kukuhkan Pengurus Usaha Kesehatan Madrasah (UKM)

Keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) memiliki peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik. UKS juga menjadi sarana untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

Peranan UKS atau UKM jika di madrasah menjadi sangat penting di setiap sekolah/madrasah. Apalagi berkaitan langsung dengan program dan tujuan sekolah. Selain itu UKS di sekolah harus bekerjasama dengan warga sekolah agar tercipta kondisi bersih dan sehat. Sehingga kebutuhan akan UKS akan dirasakan dengan sikap memiliki.

Memahami akan pentingnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat penting bagi lembaga pendidikan, MTs. Miftahul Ulum 2 bekerja sama dengan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan Klinik NU Kabupaten Lumajang melaksanakan pembinaan kepada pengurus UKM, Selasa (29/09/20).

Kegiatan pengukuhan dan pembinaan pengurus UKM ditempatkan di Aula Gedung Terpadu Miftahul Ulum lantai 3. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah, tiga karyawan Klinik NU Lumajang, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd, Muhammad Hamiduddin, S.S Waka. Kesiswaan MTs. Miftahul Ulum.

Acara pengukuhan dan pembinaan pengurus UKM diawali dengan Pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya
dan Yahlal Wathan oleh semua peserta yang hadir.

Usai pembukaan ceremonial, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus UKM secara simbolis oleh Kepala Madrasah. Pengukuhan Pengurus ditandai dengan dengan pemakaian seragam santri husada kepada Ketua UKM oleh kepala Madrasah.

Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Unit Kesehatan Madrasah (UKM) merupakan bagian dari program kerjasama madrasah dan Poskestren untuk memberdayakan siswa dalam rangka mewujudkan pesantren dan madrasah bersih dan sehat.

“UKM juga harus menjadi Inisiator dan aktivator madrasah sehat. Pemberi dorongan kepada siswa yang lain untuk mewujudkan madrasah yang bersih dan sehat. UKM adalah Implementator pelaksana dalam menggerakkan siswa dalam menjaga kebersihan dan kesehatan madrasah.” Imbuhnya

“Kalian adalah siswa terpilih dari sekian banyaknya siswa yang ada di madrasah untuk mewujudkan madrasah bersih dan sehat. Buktikan bahwa kalian adalah yang terbaik. Mulai hari ini jadikan madrasah kita sebagai madrasah yang bersih dan sehat.” ucapnya.

“Kami berharap dari pihak madrasah untuk menfasilitasi pengurus UKM nya” pungkasnya

Sementara itu, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul usai dalam sambutannya menyampaikan terimakasihnya kepada pengurus Poskestren Miftahul Ulum dan Pihak Klinik NU Lumajang yang telah berkenan memberikan pembinaan kepada pengurus UKM MTs. Miftahul Ulum 2

“Terimakasih kami sampaikan kepada Poskestren dan Klinik NU yang telah berkenan memberikan pembinaan kepada anak-anak kami.” ucapnya

“Kami harap tidak hanya memberikan pembinaan, tetapi juga pendamping agar anak-anak ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal.” imbuhnya

“Kepada anak-anak baru dikukuhkan kami ucapkan selamat. Semoga kalian menjadi pioner untuk menciptakan budaya madrasah yang bersih, sehat dan bermartabat.” Tegas Kepala Madrasah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *