Tingkatkan Budaya Literasi, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Lakukan Komunikasi dengan Forum Lingkar Pena Jawa Timur

Budaya literasi di lingkungan MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul baik untuk guru dan siswa terus digalakkan dan diseriusin oleh kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul baik literasi online maupun offline. Usai sukses melaunching Majalah Dinding “Ruang Rasa” edisi perdana pada awal Januari 2021 kemarin, pada hari ini, Jum’at (08/01/21) Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul melakukan komunikasi dengan salah satu pengurus Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Jawa Timur, Novi Istina, S.Pd.

Pertemuan yang tidak direncanakan sebelumnya tersebut berlangsung di perpustakaan Kabupaten Lumajang saat kepala madrasah mengantarkan surat permohonan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan di pondok Pesantren Miftahul Ulum Putri yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan Januari 2021.

Bunda Novi -sapaan akrab Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Jawa Timur- sangat bersyukur atas pertemuan tersebut. Pasalnya Forum Lingkar Pena memang sedang mencari lembaga-lembaga pendidikan yang bisa digandeng dalam memajukan dan meningkatkan budaya literasi yang sudah mulai luntur di kalangan masyarakat khususnya lembaga pendidikan.

Kepala Madrasah Bersama Kepala Disarpus Lumajang Ir. Nugroho Dwi Atmoko

“Ini (pertemuan : red) merupakan rizki tersendiri bagi kami. Karena bisa bertemu dengan pengelola lembaga yang memiliki program pengembangan literasi. Salah satu program prioritas kami (FLP) adalah melakukan pembinaan untuk melahirkan penulis pemuda.” jelasnya

Di samping itu, perempuan berjilbab ini juga menuturkan bahwa FLP merupakan organisasi yang sudah memiliki jejaring skala nasional. Salah satu programnya adalah membangun jejaring kemitraan dengan berbagai penerbit dan lembaga/instansi dalam menjalankan agenda-agenda literasi di berbagai bidang.

“Jika ustadz berkenan, kami akan silaturahmi ke lembaga jenengan untuk melakukan kerjasama dan kemitraan dengan kami. Nanti kita adakan diklat kepenulisan dan bahkan kita siap menerbitkan karya-karya guru dan siswa karena kita sudah punya izin publishing.” jelasnya

Kepala Madrasah Bersama Ketua FLP Jawa Timur Novi Istina, S.Pd

Tawaran tersebut langsung diamini oleh Kepala MTs. Miftahul Ulum 2, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd bahkan sangat bersyukur dan senang karena bisa bertemu – walaupun tidak direncanakan – dan berdiskusi dengan pengurus FLP Jatim khususnya dalam bidang pengembangan bidang literasi.

Mantan Kepala Perpustakaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum ini mengatakan bahwa pihaknya memang sedang gencar-gencarnya menggerakkan budaya literasi di lingkungan madrasah dan pesantren. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mendatangkan salah satu penulis dari Jember untuk memberikan diklat kepenulisan kepada guru dan santri.

“Alhamdulillah senang bisa bertemu dan berdiskusi dengan FLP. Kami sangat berterima kasih jika FLP ingin membangun kemitraan dan bekerjasama dengan lembaga kami. Karena saat ini kami sedang gencar menggerakkan budaya literasi di madrasah kami” ujarnya In

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *