Sharing Pengelolaan Website dan Medsos bersama MI. Miftahul Ulum Bakid

Penggunaaan dan pemanfaatan media sosial saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan bagi sebagian besar masyarakat umum tak terkecuali bagi lembaga pendidikan. Media sosial dapat menjadi sarana dan media informasi untuk mempublikasikan semua kegiatan madrasah sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Keaktifan MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang dalam pemanfaatan website madrasah dan media sosial tampaknya telah mendapatkan perhatian dari beberapa madrasah sekitar. Postingan yang hampir setiap hari update baik kegiatan madrasah maupun tulisan para guru dan siswa tanpa disadari telah menginspirasi beberapa madrasah untuk mengikuti jejak dan langkah madrasah yang baru dua tahun berdiri ini.

Hari ini, Rabu (08/12/21), Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid melakukan sharing dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan website dan media sosial madrasah bersama admin website dan media sosial MI. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Muhammad Ainur Rosyidin, S.Pd.I.

Baca Juga :

SHARING KELEMBAGAAN, KEPALA MA. MIFTAHUL ULUM MANGGISAN TANGGUL KUNJUNGI MTS. MU 2 BAKID

Tanpa berpanjang lebar, Kepala Madrasah, Sahroni, S.Pd.I.,M.Pd mengatakan pentingnya madrasah dalam memanfaatkan media sosial secara optimal dan maksimal. Mantan kepala perpustakaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum ini juga menjelaskan bagaimana manajemen dan tata kelola website dan media sosial di madrasah yang dipimpinnya.

“Agar website dan medsos madrasah terus update, harus dibentuk tim redaksi dengan pembagian tugas yang jelas. Tentu madrasah tidak boleh menutup mata terhadap tim redaksi. Madrasah harus bisa memberikan reward dan apresiasi kepada tim sesuai dengan kemampuan anggaran madrasah.” jelasnya

Di samping itu, sambil menunjukkan website dan medsos madrasah di komputer di hadapannya, alumni Pasca sarjana IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo tersebut menjelaskan pentingnya tampilan postingan. Desain dan tampilan yang bagus akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi dan membaca postingan madrasah. Karena tim redaksi harus ada yang memiliki kompetensi dalam bidang desain grafis.

“Dan yang kalah penting tampilan postingan harus bagus dengan desain yang menarik. Karenanya madrasah harus punya guru atau TU yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis.” imbuhnya

“Namun semua itu sekarang bukan hal yang sulit karena tutorial desain grafis sudah banyak di kanal youtube. Tinggal kemauan kita saja untuk terus belajar” pungkasnya

Mendengar penjelasan tersebut, admin website MI. Miftahul Ulum Bakid mengucapkan terima kasih atas sharing pengalaman kepala MTs. MU 2 BAKID. Pria yang akrab disapa Rosyidin mengaku siap dan akan terus belajar untuk mengaktifkan website dan medsos madrasah tempat dia mengabdi.

One Reply to “Sharing Pengelolaan Website dan Medsos bersama MI. Miftahul Ulum Bakid”

Leave a Reply

Your email address will not be published.