Serah Terima Sertifikat Bimtek Perpustakaan

Senin (07/12/20) Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul kembali berkunjung ke kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang. Kunjungan kali ini dalam rangka serah terima secara simbolis Sertifikat Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 kemarin.

Serah terima sertifikat dilakukan di ruang resepsionis Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Lumajang. Penyerahan sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Siti Suhartini kepada Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Sahroni, S.Pd.I., M.Pd didampingi oleh salah satu staf Tata Usaha M. Bakiruddin.

Usai serah terima sertifikat Kepala Madrasah melakukan obrolan kecil seputar program dan pengembangan perpustakaan bersama Kepala Bidang Perpustakaan Kab. Lumajang di ruang depan Perpustakaan. Sambil disuguhi kopi susu panas dan camilan, Kepala madrasah menyampaikan rencana program pengembangan perpustakaan serta program pengembangan literasi madrasah berbasis digital.

Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Siti Suhartini Menyerahkan Sertifikat Kepada Kepala Madrasah

“Insya Allah ke depan kita akan terus berupaya untuk mengembangkan perpustakaan khususnya pengadaan koleksi buku yang masih kurang imbang dengan jumlah santri dan siswa.” jelasnya

“Kami juga akan berusaha akan membuat pojok baca (perpusatakaan mini) di setiap kelas. Agar minat baca siswa-siswi terus semakin meningkat.” imbuhnya

Di samping program pengembangan perpustakaan dan gerakan literasi digital, kepala madrasah juga menyampaikan rencana pelaksanaan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan bagi calon pengelola perpustakaan santri Putri.

Ibu Titin (panggilan akrab Ibu Siti Suhartini selaku Kabid Perpustakaan Kab. Lumajang) menyambut baik program-program yang disampaikan tersebut. Ibu satu cucu ini juga mengatakan akan mendukung lembaga-lembaga pendidikan yang ingin mengembangkan perpustakaannya dan memiliki program literasi. Hanya saja untuk sementara ini program bantuan buku dari perpustakaan nasional masih banyak ke perpustakaan-perpustakaan desa. Bantuan untuk lembaga pendidikan masih minim.

“Kemarin saya bintek di Surabaya selama 3 hari ustadz. Narasumber dari perpustakaan Nasional RI. Saya kemarin sudah usul agar program bantuan buku tidak hanya untuk perpustakaan desa tetapi di perluas untuk lembaga pendidikan baik sekolah, madrasah atau pondok pesantren. Insya Allah usulan saya akan disampaikan kepada pimpinan pusat katanya” tuturnya

Pihaknya juga menyampaikan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Lumajang akan memberikan perhatian lebih kepada lembaga pendidikan yang ada keinginan untuk mengembangkan perpustakaannya serta memiliki program literasi.

Pihak perpustakaan Daerah Kab. Lumajang juga mendorong agar perpustakaan Miftahul Ulum juga mendaftarkan perpustakaannya ke perpustakaan Nasional agar mendapatkan nomor statistik dan terdaftar di Perpustakaan Nasional RI.

“Kalau bisa perpustakaan Miftahul Ulum nanti didaftarkan ke Perpustakaan Nasional ustadz. Nanti bisa dibantu oleh pustakawan kita Ibu Tutik.” terangnya

Mendengar penuturan, arahan dan bimbingan hal tersebut, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 menyampaikan ucapan terima kasih dan berjanji akan menindaklanjuti arahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *